5 Dampak Positif Kulit Ketika Setop Pakai Makeup Selama Sebulan

Kiki Oktaviani, Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 24 Apr 2020 13:37 WIB
kulit wajah Foto: iStock
Jakarta -

Di masa karantina mandiri di rumah terkait virus Corona, aktivitas menggunakan makeup menjadi jauh berkurang. Mungkin hanya sesekali tampil dengan makeup jika ada meeting di Zoom. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif bagi kulit wajah.

Makeup memang dapat memberikan ilusi wajah yang tampak lebih cantik dan flawless. Namun jika sudah terlalu sering merias wajah, maka tak jarang timbul masalah-masalah kulit seperti tersumbatnya pori-pori, komedo dan jerawat. Dalam masa karantina ini, otomatis kulit wajah melakukan detoksifikasi karena tidak menggunakan makeup. Inilah lima dampak positif jika tidak pakai makeup selama sebulan:

Kulit wajahKulit wajah Foto: shutterstock




1. Kondisi Permukaan Kulit Jadi Seimbang Lagi
"Dengan tidak menggunakan foundation dan blush on, kulit dibiarkan kembali seimbang dari minyak dan hidrasi," jelas Nadia Kihiczak, MD, dermatologi dari New York.

Ditambahkannya, tanpa memakai riasan, pencucian wajah yang berlebihan dan penggunakan toner untuk menghilangkan makeup jadi lebih berkurang. Hal tersebut membuat kulit kembali keadaan normal.

2. Jerawat Berkurang
Makeup yang menempel di permukaan kulit bisa menyebabkan produksi sebum yang meningkat. Seperti yang kita tahu jika sebum meningkat di kulit, maka memicu jerawat. Sehingga tidak pakai makeup memberikan efek positif, salah satunya adalah berkurangnya jerawat.

"Seringkali produk riasan meningkatkan produksi minyak, sehingga tidak menggunakan makeup bisa mengurangi wajah berminyak, tersumbatnya pori-porinya dan jerawat," jelas dermatologi Hedley King, MD dari New York.

Skin CareSkin Care Foto: shutterstock



3. Berkurangnya Bakteri di Kulit
"Dengan tidak pakai makeup, wajah akan terhindar dari paparan bakteri yang baisa ada di brush dan palette makeup yang digunakan setiap hari," ujar Dr. Nadia Kihiczak.

Tak hanya palette makeup, eyeliner dan maskara juga bisa terpapar oleh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada mata.


4. Garis-garis Halus di Wajah Berkurang
Menurut Dr. Nadia, makeup dalam bentuk bubuk seperti bedak dapat terperangkap di garis-garis halus di wajah, khususnya di sekitar mata. Hal tersebut berdampak pada garis halus yang tampak lebih menonjol. Jika dalam waktu lama tidak menggunakan makeup, maka garis-garis halus bahkan bisa berkurang karena elastisitas kulit lebih meningkat.

5. Bulu Mata Jadi Lebih Sehat
Ketika setiap hari menggunakan maskara, maka bulu mata bisa rontok. Terlebih jika tidak membersihkannya dengan benar, maka bulu mata bisa menjadi tipis. 'Puasa' menggunakan maskara bisa mengembalikan kesehatan bulu mata. Bulu mata berkesempatan untuk tumbuh kembali dan menjadi lebih lebat.



Simak Video "Tips Rawat Kulit Wajah Sebelum Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)