8 Tips Merawat Alis Sendiri di Rumah

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 22 Apr 2020 16:30 WIB
Chinese young woman filling her eyebrows Tips merawat alis sendiri di rumah. Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi Corona telah memaksa kita untuk melakukan isolasi diri di rumah. Banyak perusahaan dan toko-toko yang pada akhirnya memutuskan untuk menutup tempat mereka sementara sampai pandemi tersebut berakhir, termasuk salon-salon kecantikan. Hal itu membuat kita hanya bisa melakukan perawatan endiri di rumah.

Jika sudah terbiasa melakukannya, perawatan rambut, kuku atau pun wajah mungkin tidaklah sulit. Namun tidak demikian dengan orang yang tidak terbiasa melakukan perawatannya sendiri, salah satunya perawatan alis.

Seperti dikutip dari Style Caster, agar kamu tidak salah dalam merawat dan memperbaiki bentuk alismu sendiri di rumah, berikut ini beberapa tips-tipsnya dari para ahli:

1. Biarkan Alismu Tumbuh Terlebih Dahulu

Menurut ahli kecantikan di Cosmetify, sebelum kamu memutuskan untuk merapikan alis dengan mencabut atau menggunakan wax, alangkah lebih baik jika kamu membiarkannya tumbuh terlebih dahulu. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui bentuk alami alismu. Kamu mungkin akan melihat alismu berantakan dengan membiarkanya tumbuh, tetapi hal itu dapat membantu mengurangi kesalahan saat kamu memilih bentuk untuk merapikan alismu nantinya.

2. Temukan Bentuk dan Ukuran Alami Alismu

Setelah membiarkannya tumbuh, kamu bisa mengetahui bentuk dan ukuran yang paling pas untuk wajahmu. Menurut ahli di Cosmetify, hal selanjutnya yang kamu butuhkan adalah pensil.

"Untuk menentukan panjangnya, pegang pensil hingga ke lubang hidung kiri atau kanan dan arahkan lurus ke atas ke dahi Anda. Ini menunjukkan dari mana alis kamu harus dimulai. Balikkan pensil secara diagonal, masih memegangnya sejajar dengan lubang hidungmu untuk mencari tahu di mana ujung alis mu harus berakhir, pastikan itu melewati sudut luar matamu," jelas ahli Cosmetify.

Untuk menentukan bentuk lengkungan alismu tidaklah mudah. Kamu perlu menggunakan pensil yang sama, pegang di setiap samping lubang hidung dengan sudut 45 derajat. Lengkungan alismu bisa dimulai dimana ujung pensil tersebut berakhir.

3. Jangan Terlalu Terobsesi untuk Memiliki Alis yang Simetris

Kamu perlu tahu bahwa alis bukanlah saudara kembar. Jadi, kamu tidak bisa membuat keduanya menjadi sama persis. Hal yang dapat kamu lakukan hanyalah mencoba membuat keduanya terlihat sejajar. Terlalu terobsesi untuk memiliki alis yang simetris pada akhirnya justru dapat membuatmu melakukan pencabutan yang berlebihan.

Menurut spesialis alis Joey Healy, jika kamu menyadari bahwa kamu telah melakukan pencabutan yang berlebihan maka hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berhenti dan menjauhkan pinset dari hadapanmu. Jangan mencoba memperbaiki alismu dengan membuat yang bagus disamakan dengan yang buruk. Jika kamu sudah terlanjur melakukannya maka tidak perlu panik. Kamu bisa meggunakan produk makeup alis untuk mengisinya.

4. Mulai dengan Kanvas atau Dasar yang Bersih

Sebelum melakukan pencabutan atau merapikan alis, pastikan kamu sudah mencuci wajah dan tangan terlebih dahulu. Menurut ahli Cosmetify, kamu perlu memastikan bahwa kamu melakukannya dalam kondisi alis yang bersih, tidak ada bekas pensil alis, gel, atau bubuk. Selain itu, alis juga harus dalam kondisi kering dan cobalah untuk tidak menggunakan produk apapun yang berminyak sebelumnya.

5. Gunting dan Cabut Alis

Jika sudah melewati tahapan-tahapan di atas maka langkah selanjutnya adalah yang paling ditunggu-tunggu, yaitu merapikan alis dengan mencabut dan mengguntingnya. Menurut ahli Cosmetify, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengambil penjepit dan mulailah mencabut rambut-rambut alis yang keluar dari jalurnya. Sangat penting untuk melakukannya dengan tidak berlebihan. Selalu sikat alismu ke atas, sehingga kamu akan lebih mudah merapikannya.

Jika kamu menginginkan tampilan alis yang selalu terlihat rapih, maka kamu bisa mencabutnya setiap 3 hari sekali, tetapi itu tergantung pada seberapa cepat alismu tumbuh kembali. Jika kamu memiliki rambut alis yang panjang, Joey Healy menyarankan untuk menggunakan gunting alis untuk merapikannya. Jangan memotongnya dengan garis lurus karena itu akan membuat alismu terlihat tumpul dan sangat lebar.

6. Buat Warna Alismu Terlihat Lebih Gelap

Jika kamu merasa memotong atau mencabut alis saja tidak cukup, maka kamu bisa mencoba mewarnai alismu dan membuatnya terlihat lebih gelap. Menurut ahli Cosmetify, aturan umum untuk mewarnai alis adalah dengan memilih warna setidaknya satu atau dua warna lebih gelap dari warna rambut alamimu. Sedangkan untuk yang memiliki warna rambut alis lebih gelap, seperti coklat tua atau hitam, maka kamu bisa memilih satu atau dua warna yang lebih terang untuk hasil akhir yang lebih alami. Kamu bisa menggunakan produk alis seperti brow mascara atau brow lacquer untuk mendapatkan tampilan tersebut.

7. Gunakan Wax Hanya untuk Bagian Tengah

Jika kamu menginginkan rambut alismu tumbuh lebih lama maka kamu bisa mencoba waxing. Namun hal ini tidak dapat dilakukan setiap hari, karena waxing dan pencukuran alis setiap hari dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu waxing bisa menjadi bencana bagimu jika kamu menarik terlalu banyak rambut alis. Jadi jika kamu memang benar-benar menginginkan proses ini maka kamu bisa menempelkan bahan waxing di bagian tengah antara alis dengan mata. Pastikan kamu menggunakan produk waxing yang lembut dan aman, tidak menimbulkan peradangan pada kulit. Kamu juga dapat menggunakan produk waxing tersebut untuk area bibir atas dan dagu.

8. Gunakan Produk Perawatan Alis

Jika kamu ingin membiarkannya tumbuh, kamu bisa menggunakan produk-produk untuk merawat dan menumbuhkan alis. Selain itu, hindari mencabutnya jika kamu benar-benar menginginkan alismu tumbuh. Kamu bisa menggunakan produk-produk yang banyak di jual di toko-toko kosmetik atau menggunakan bahan-bahan alami untuk menumbuhkannya.



Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)