Apa Manfaat Masker Putih Telur? Ini Penjelasan dan Cara Membuatnya

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 17 Apr 2020 16:40 WIB
Young woman applying face mask at home. Natural Skin Care Routine For Glowing Skin. Manfaat masker putih telur. Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki kulit indah dan bersih adalah dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya, kamu perlu rutin melakukan perawatan pada kulitmu. Melakukan perawatan tidak selalu harus di klinik atau tempat-tempat kecantikan, melainkan kamu bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan natural, salah satunya dengan menggunakan putih telur sebagai masker. Apa manfaat masker putih telur?

Selain dapat dijadikan bahan makanan, putih telur terkenal memiliki manfaat bagi kulit. Kandungan utama dalam putih telur adalah protein. Satu telur besar bisa mengandung setidaknya 3,6 gram protein. Protein tersebut dipercaya bisa memberikan manfaat mengencangkan pada kulit dan menyerap minyak berlebih. Selain itu, beberapa orang juga percaya bahwa putih telur mengandung vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kulit.

Seperti dikutip dari Medical News Today, kulit memiliki fungsi sebagai barrier atau penghalang untuk melindungi seluruh tubuh. Hal itu bisa membuat jumlah partikel kecil, seperti vitamin dan mineral menjadi terbatas untuk diserap oleh tubuh. Dengan memakai masker putih telur ke lapisan luar kulit sebagai masker dapat membantu penyerapannya menjadi lebih baik. Itulah beberapa manfaat masker putih telur.

Berikut ini cara memisahkan kuning telur dengan putih telur:

1. Perkirakan bagian tengah telur.
2. Pecahkan telur mejadi dua bagian.
3. Setelah pecah, miringkan telur ke salah satu sisi kulit telur, sehingga kuning telur akan bergerak ke sisi tersebut.
4. Gunakan cangkang kulit telur yang berisi kuning telur untuk memisahkanya dari putih telur dengan cara dimiringkan sedikit ke sisi-sisi lain.
5. Tiriskan putih telur ke mangkuk.

Manfaat masker putih telur.Manfaat masker putih telur. Foto: iStock

Kamu juga bisa mengambil langsung kuning telur di tanganmu dan membiarkan putih telur masuk ke dalam mangkuk dari celah-celah tanganmu. Namun pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukannya.

Biasanya satu putih telur saja sudah cukup untuk dijadikan masker wajah. Putih telur tersebut bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya untuk membuat masker wajah sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Berikut ini cara membuat masker putih telur sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Masker Putih Telur untuk Kulit Berminyak

1. Campurkan putih telur dengan setengah perasan jeruk lemon ke dalam mangkuk.
2. Aduk campuran tersebut hingga berbusa.
3. Bersihkan wajah menggunakan air hangat.
4. Aplikasikan masker pada wajah menggunakan kuas atau kapas. Hindari bagian mata.
5. Diamkan sekitar 10 menit.
6. Bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Kandungan anti bakteri yang dimiliki oleh lemon sangat baik bagi pemilik kulit wajah berminyak. Masker putih telur untuk kulit berminyak ini bisa digunakan hingga 3 kali seminggu.

Masker Putih Telur untuk Kulit Kombinasi

1. Kocok putih telur hingga berbusa.
2. Tambahkan 1 sendok teh perasan lemon dan 1 sendok teh madu.
3. Cuci muka menggunakan air hangat.
4. Oleskan masker ke kulit wajah menggunakan kuas atau kapas.
5. Diamkan sekitar 15 menit.
6. Bersihkan dengan air hangat.

Campuran putih telur, lemon, dan madu dapat menutrisi kulit dan juga mengencangkan pori-pori. Namun jika saat menggunakan masker tersebut kamu merasa kulitmu perih atau seperti terbakar maka segera bilas hingga bersih.

Masker Putih Telur untuk Kulit Kering

1. Tempatkan 1 putih telur dan 6 sampai 7 anggur dalam blender, lalu blender hingga halus.
2. Cuci muka dengan air hangat.
3. Gunakan kuas atau kapas untuk mengoleskan masker pada wajah.
4. Diamkan sekitar 15 menit.
5. Bilas dengan air hangat.

Untuk membuat masker ini, akan lebih baik jika kamu menggunakan anggur yang memiliki biji karena menghancurkan serta biji anggur dapat membuatnya berubah menjadi minyak biji anggur yang menguntungkan bagi kulit. Setelah menggunakan masker, kamu bisa melanjutkannya dengan mengaplikasikan pelembap agar kulit tidak kering.

Sayangnya masker putih telur dapat berdampak negatif bagi beberapa orang yang memiliki reaksi alergi terhadap telur. Jika kamu adalah salah satunya, maka penggunaan masker putih telur ini sangat tidak disarankan.

Untuk menghindari risiko alergi, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan putih telur ke bagian belakang tangan, bawah dagu, atau bawah telinga. Tunggu hingga sekitar 15 menit lalu bilas. Jika pada area yang diolesi tidak timbul rasa gatal, kemerahan, atau reaksi alergi maka kamu bisa mencoba menggunakan masker putih telur ini.

Selain itu, penting untuk kamu tahu bahwa telur mentah dapat mengandung bakteri Salmonella, sehingga kamu perlu hati-hati saat mengaplikasikannya, jangan sampai tertelan. Penting juga untuk tidak mengoleskan putih telur ke luka terbuka, kulit pecah-pecah, atau tempat bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Selalu cuci tangan dan wajah dengan hati-hati sebelum dan sesudah menggunakan masker putih telur.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)