Pakai Masker Bisa Bikin Jerawatan, Ini Tips Perawatan Kulit dari Pakar

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 13 Apr 2020 19:00 WIB
masker Foto: shutterstockPakai Masker Bisa Bikin Jerawatan, Ini Tips Perawatan Kulit dari Pakar
Jakarta -

Untuk melindungi diri dari virus Corona kini telah ditetapkan untuk wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Pakai masker terlalu lama memiliki efek samping pada kulit wajah. Kulit wajah bisa menjadi berjerawat.

"Melindungi wajah dengan masker menciptakan kelembapan, lingkungan yang panas pada kulit karena napas menjadi terperangkap. Hal ini memicu meningkatnya produksi keringat dan minyak pada kulit, yang bisa memicu inflamasi, ruam, dan bahkan jerawat," ujar pakar kulit Joshua Zeichner, MD, seperti dikutip Refinery29.


Untuk tetap merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat saat pakai masker, berikut ini tips dari pakar kulit.

1. Cuci Wajah Sebelum dan Sesudah Pakai Masker
Selain mencuci tangan, kamu juga harus mencuci wajah sebelum dan sesudah memakai masker. Dr. Joshua Zeichner menyarankan untuk mencuci wajah dengan pembersih wajah bertekstur foamy atau berbusa.

"Foaming cleanser membersihkan minyak secara efektif. Untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan sabun wajah yang mengandung salicylic acid. Bahan ini membantu menghapus minyak berlebih dan kulit mati dari area wajah terliar yang akan mencegah tersumbatnya pori-pori," ujar Dr. Joshua.

skin carePakai Masker Bisa Bikin Jerawatan, Ini Tips Perawatan Kulit dari Pakar : dok. iStock



2. Moisturizer Ringan
Setelah itu, gunakan moisturizer atau pelembap dengan formula yang ringan untuk mencegah wajah menjadi berminyak. Dr. Joshua menerangkan bahwa meski memiliki jenis kulit berminyak tetap dibutuhkan pelembap.

"Bahkan orang yang berjerawat tetap butuh moisturizer. Terutama jika menggunakan masker, kalian harus memastikan bahwa lapisan kulit terluar tetap dalam kondisi terbaik denganterhidrasi," jelas Dr. Joshua.


3. Tidak Perlu Pakai Makeup
"Bahan-bahan makeup berpotensi mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori pada bagian kulit yang tertutup masker," ujar Dr. Hadley King, MD.

Jika ingin menggunakan makeup, pilih yang memiliki formula ringan. Lagipula, wajahmu akan tertutup dengan masker sehingga pemakaian makeup pun tidak akan terlihat.

4. Bahan Masker Katun
Langkanya masker medis, maka disarankan untuk menggunakan masker kain. Disarankan untuk mencari masker kain dengan bahan katun yang lebih nyaman di wajah. "Katun merupakan bahan yang breathable (bernapas) sehingga tidak mengiritasi kulit, ujar Dr. Hadley.




Simak Video "Ahli Ingatkan Jangan Asal Bikin DIY Masker Organik!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)