10 Cara Mendapatkan Kulit Sehat Saat Isolasi Diri di Rumah

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 09 Apr 2020 05:30 WIB
Cara mendapatkan kulit sehat selama isolasi diri di rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks Cara mendapatkan kulit sehat selama isolasi diri di rumah. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang sehat, mulus dan glowing. Melakukan isolasi diri di rumah adalah saat yang tepat untuk memperoleh kulit sehat karena wajah tak lagi sering terpapar polusi atau udara kotor. Namun kulit sehat tersebut hanya bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan cara yang tepat. Seperti dikutip dari The Sun, berikut ini 10 cara mendapatkan kulit sehat dan mulus selama isolasi diri di rumah.

1. Hindari Menyentuh Wajah

Cara mendapatkan kulit sehat saat isolasi diri di rumah yang pertama adalah dengan hindari menyentuh wajah. Berada di rumah sepanjang hari akan memperbesar kemungkinan untuk melakukan kontak dengan orang-orang yang disayang yang berada di dalam rumah. Bisa saja anak-anakmu tiba-tiba menyentuh wajahmu dengan tangan yang kotor atau pasanganmu dengan janggut dan kumis yang belum dicukur.

Menurut Julia Sevi, direktur klinik di Aesthetic Health di Leeds, janggut dan kumis yang belum dicukur jika terkena pasangan mereka bisa meningkatkan risiko ruam bagi kulit pasangannya tersebut. Oleh karena itu Julia menyarankan untuk menggunakan pelembab yang tebal untuk melindungi kulit wajahmu dan meminta pasanganmu untuk tetap menjaga kebersihan kumis dan jenggotnya. Pelembab dapat membantu melindungi penghalang kulitmu agar tetap sehat.

Cara mendapatkan kulit sehat.Cara mendapatkan kulit sehat. Foto: iStock



2. Hindari Godaan Ngemil Saat di Rumah

Melakukan isolasi diri di rumah akan membuatmu mendapatkan banyak godaan untuk bersantai dan ngemil. Jika kamu ingin mendapatkan kulit sehat selama isolasi diri di rumah maka kamu harus menghindari hal yang satu ini. Menurut Kim Pearson, ahli gizi, mengatakan bahwa gula yang kita makan dapat mempengaruhi usia kulit atau biasa disebut glikasi.

"Gula dalam makanan, atau karbohidrat olahan yang dengan cepat terurai menjadi gula sederhana, memasuki aliran darah dan menempelkan diri pada protein kulit kolagen dan elastin. Ini menyebabkan serat kolagen yang sehat kehilangan elastisitasnya dan menjadi rentan terhadap kerusakan," kata Kim.

Itulah mengapa sangat penting untuk menghindari terlalu banyak cemilan, termasuk madu dan sirup. Hal itu akan menghalangimu untuk mendapatkan kulit mulus selama isolasi diri di rumah.

3. Jangan Memencet Jerawat

Melakukan isolasi di rumah dengan wajah natural tanpa makeup bisa membuatmu tergoda untuk memencet jerawat atau komedo pada wajah. Jika menginginkan kulit wajah yang sehat maka jangan coba-coba melakukan hal itu. Menurut Abbi Ingram, ahli perawata kulit dan facial di Blush + Blow London, kita semua pasti akan mendapatkan dorongan untuk memencet jerawat atau komedo saat kita merasa bosan. Tapi jika kamu menginginkan kulit mulus maka berhentilah melakukan kebiasaan tersebut.

"Kulitmu akan bersih jika kamu melakukan proses pembersihan wajah yang tepat dan banyak minum air," kata Abbi.

4. Istirahat Sejenak dari Menatap Layar Ponsel atau Laptop

Menghabiskan banyak waktu dengan perangkat elektronik, seperti menonton televisi, melakukan panggilan video, atau menggunakan laptop akan membuatmu merasa lelah. Julia Sevi mengatakan bahwa layar dari perangkat elektronik memancarkan cahaya berenergi tinggi yang dapat menimbulkan penuaan kulit.

Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut. Cara terbaik saat ini yang dapat kita lakukan adalah dengan menyesuaikan kecerahan layar dan menyadari jarak kedekatannya dengan wajah kita. Selain itu juga dengan memberikan istirahat sejenak dari layar perangkat elektronik.

Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.***Caucasian girl working on computer laptop***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel



5. Tetap Menghirup Udara Segar dari Luar

Cara kelima untuk mendapatkan kulit sehat saat isolasi diri adalah dengan tetap menghirup udara segar dari luar. Abbi Ingram mengatakan bahwa sangat penting untuk mendapatkan udara segar dan vitamin D dari sinar matahari saat sedang melakukan isolasi diri di rumah. Kamu tidak perlu benar-benar keluar dari rumah untuk mendapatkannya. Cukup dengan duduk di dekat jendela yang terbuka.

"Udara segar membuka pori-pori kita dan mengurangi penyumbatan, serta memberi kulit kita oksigen yang dibutuhkan," kata Abbi.

Selanjutnya
Halaman
1 2