3 Cara Memakai dan Membersihkan Alat Makeup Agar Terhindar dari Corona

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 02 Apr 2020 15:04 WIB
Brush Makeup Cara membersihkan alat makeup agar terhindar dari corona. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pandemi Corona yang semakin menyebar membuat pemerintah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk melakukan isolasi diri di rumah. Covid-19 atau virus Corona sendiri ditularkan melalui cairan pernapasan dari orang yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin. Virus tersebut yang kemudian bisa menempel di permukaan. Itulah mengapa kita disarankan untuk rajin mencuci tangan dan membersihkan barang-barang yang dimiliki, termasuk produk kecantikan yang digunakan.

Seperti dikutip dari Business Insider, virus bisa hidup di permukaan hingga beberapa hari, termasuk di alat makeup dan produk kecantikan yang kamu gunakan ketika memang alat makeup tersebut terpapar cairan penderita virus corona. Virus corona bisa hidup hingga 4 jam pada tembaga, 24 jam pada karton, dan 3 hari pada plastik serta stainless steel. Lamanya usia virus juga tergantung pada kondisi suhu dan kelembapan.

Mengingat kebanyakan alat makeup seperti palet, compact, dan kuas terbuat dari bahan-bahan yang disebutkan di atas maka mungkin saja penyebaran COVID-19 bisa terjadi jika digunakan oleh orang yang sakit. Seperti dikutip dari Insider, menurut Angela Rasmussen, seorang ahli virus di Universitas Columbia, para ilmuwan sebenarnya belum yakin bagaimana virus corona 'bertahan dalam produk kecantikan.' Walaupun demikian, Angela tetap menyarankan untuk membuang makeup yang digunakan jika sudah terpapar virus agar menjadi lebih aman.

Berikut ini beberapa cara aman memakai dan membersihkan alat makeup agar terhindar dari virus Corona.

1. Rutin Mencuci Kuas dan Alat Makeup


Makeup artist Ivy Boyd menyarankan untuk mencuci kuas dan makeup setidaknya minimal satu kali seminggu, terutama di tengah pandemi Corona. Dia sendiri mengaku melakukan hal tersebut setiap beberapa hari sekali.

3 Cara Memakai dan Membersihkan Alat Makeup Agar Terhindar dari CoronaFoto: Instagram

"Aku sudah mencuci kuas pribadiku setiap dua hari sekali. Ingat, sikatmu hanya akan tetap bersih jika kamu memiliki tangan yang bersih juga, jadi tetaplah mencuci tangan, terutama sebelum duduk untuk merias wajahmu," kata Boyd.

Boyd merekomendasikan untuk menggunakan sabun yang lembut namun tetap efektif untuk membunuh kuman dan virus. Saat membersihkan dengan sabun ini, tidak hanya bagian bulu kuasnya saja, melainkan gagangnya juga perlu dicuci. Cara ini juga berguna untuk membersihkan alat-alat makeup lainnya, seperti beauty blender, spons, dan sebagainya.

"Untuk kuas atau alat makeup yang terkena produk cair dan krim, sabun batang sering kali paling baik digunakan. Dalam keadaan darurat, cobalah mencelupkan kuas ke dalam minyak zaitun terlebih dahulu untuk membantu memecah produk, tetapi tetap ikuti dengan sabun dan air," kata Boyd.

2. Jangan Meminjamkan Alat Makeup Kepada Orang Lain


Seperti dikutip dari Allure, ahli kimia kosmetik Ginger King menyarankan untuk tidak meminjamkan atau berbagi produk kecantikan dengan orang lain. Hal itu akan membuatmu lebih aman dari bahaya infeksi Covid-19. Walaupun demikian kamu tetap harus rajin membersihkan produk kecantikan yang kamu miliki. King menyarankan untuk membersihkan permukaan kotak makeup yang sering tersentuh.

3 Cara Memakai dan Membersihkan Alat Makeup Agar Terhindar dari CoronaFoto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Penata rias Jordan Liberty mengatakan kepada Insider bahwa produk bubuk lebih mudah dibersihkan daripada yang berbentuk krim atau cairan karena bubuk tidak membiakkan bakteri. Untuk membunuh bakteri di permukaan, Liberty menyarankan menggunakan semprotan alkohol 70%. Yang menjadi masalah adalah jika produk tersebut benar-benar menyentuh kulitmu, seperti lip gloss dan eyeliner. Bagian aplikator dari produk tersebut bisa saja menjadi terkontaminasi.

Jadi jika kamu merasa sedang tidak enak badan, maka alangkah baiknya jika kamu meminimalkan jumlah penggunaan produk kecantikan karena kamu tidak ingin membuat semuanya menjadi terkontaminasi bukan? Misalnya, kamu bisa memilih satu lipstik saja yang akan kamu gunakan untuk saat itu.

3. Periksa Tanggal Kedaluwarsa Produk Makeup


Menurut Boyd, makeup yang kedaluwarsa bisa sama berbahayanya dengan produk yang terinfeksi. Oleh karena itu jangan berpikir jika produk kecantikan tersebut bersih maka akan tetap aman untuk digunakan. Jika kamu memiliki produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa maka jangan takut atau ragu untuk segera membuangnya.

Jadi jika kamu adalah orang-orang yang suka menggunakan alat makeup tetapi sangat malas untuk membersihkan atau merapikannya, maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Kamu bisa mulai dengan mencuci bersih alat-alat makeup yang kamu miliki dan membuang produk-produk yang sudah kedaluwarsa.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)