9 Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 07 Mar 2020 11:08 WIB
Masker wajah kulit pisang Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah. Foto: iStock
Jakarta -

Masker wajah adalah salah satu produk perawatan kulit yang dapat digunakan untuk merawat dan menjaga kecantikan. Sayangnya saat memakai masker wajah, kamu mungkin sering tidak menyadari kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan.

Kesalahan saat menggunakan masker wajah jika dilakukan terus menerus bukan tidak mungkin dapat membuat kulit justru terasa gatal, perih, panas, dan berjerawat. Jika muka merah setelah pakai masker, maka bisa jadi disebabkan pemilihan masker wajah yang salah dan tidak cocok dengan kulit. Agar terhindar dari muka gatal, terasa panas, dan berjerawat, berikut ini beberapa kesalahan saat menggunakan masker wajah.

1. Salah Memilih Masker Wajah

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang pertama adalah tidak memilih jenis masker wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit yang dimiliki. Ini adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan masker wajah. Mengingat saat ini sangat banyak masker-masker wajah yang beredar di pasaran dengan kandungan dan khasiat yang berbeda-beda maka kamu perlu mencari masker wajah yang memiliki khasiat dan kandungan yang dibutuhkan oleh kulitmu saat ini. Jika kamu memiliki kulit yang berminyak maka jangan memilih masker wajah yang memiliki lebih banyak kandungan pelembab, yang dikhususkan bagi pemilik kulit kering.

2. Menggunakan Masker Pada Wajah yang Kotor

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang kedua adalah menggunakan masker pada wajah yang kotor. Ini adalah salah satu kesalahan saat menggunakan masker wajah yang seringkali tidak disadari atau mungkin dianggap sepele. Padahal jika kesalahan saat menggunakan masker wajah yang satu ini sering dilakukan, maka bukan tidak mungkin wajahmu justru akan berjerawat. Sebaiknya, cuci wajah menggunakan sabun terlebih dahulu sebelum menggunakan masker wajah. Namun jika kamu berada dalam kondisi yang tidak memungkinkanmu untuk mencuci wajah maka kamu menggunakan micellar water untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari wajahmu.

3. Menggunakan Masker Wajah dengan Tangan Kotor

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang ketiga adalah kamu mengaplikasikan masker wajah dengan menggunakan tangan yang kotor. Tidak hanya wajah yang perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker wajah, melainkan tangan yang akan digunakan juga perlu dipastikan kebersihannya terlebih dahulu. Penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menggunakan masker wajah karena jika tidak, minyak dan bakteri yang ada di tangan bisa berpindah ke wajahmu. Jika kamu menggunakan masker wajah yang berbentuk bubuk, maka setelah dicairkan kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah dengan menggunakan kuas masker agar lebih higienis.

4. Menggunakan Masker Terlalu Banyak

9 Kesalahan Saat Menggunakan Masker WajahFoto: thinkstock

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang keempat adalah kamu menggunakan masker wajah dengan terlalu banyak atau tebal. Penggunaan masker wajah yang terlalu banyak atau terlalu tebal tidak akan memberikan hasil yang efektif pada kulit wajahmu. Justru hal tersebut bisa mendatangkan masalah pada kulit wajah. Oleh karena itu, gunakan masker wajah secukupnya, sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Umumnya, kamu hanya perlu mengaplikasikan satu layer masker wajah dan menunggunya sampai kering sebelum akhirnya dibilas.

5. Hanya Digunakan Pada Siang Hari

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang kelima adalah kamu hanya menggunakannya pada siang hari. Kamu tidak perlu membatasi diri menggunakan masker wajah hanya pada siang hari saja. Ada beberapa masker wajah yang memang ditujukan untuk digunakan pada malam hari. Masker wajah yang ditujukan untuk penggunaan saat malam hari biasanya cenderung bisa memberikan hasil yang lebih efektif.

6. Terlalu Lama Menggunakan Masker Wajah

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang keenam adalah kamu menggunakan masker wajah dengan terlalu lama. Terlalu lama mendiamkan masker wajah tidak akan memberikan hasil yang lebih maksimal pada kulitmu. Sebaiknya, gunakan masker sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan pembungkusnya. Namun jika kamu merasa seringkali lupa waktu saat menggunakan masker wajah maka kamu bisa mengatur timer untuk mengingatkanmu.

7. Lupa Melembabkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

9 Kesalahan Saat Menggunakan Masker WajahFoto: iStock

Kesalahan saat menggunakan masker wajah yang ketujuh adalah kamu lupa untuk melembabkan kembali kulit wajahmu setelah menggunakan masker wajah. Kesalahan saat menggunakan masker wajah ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan pada kulit, terutama jika kamu adalah pemilik kulit kering. Tidak menggunakan pelembab setelah menggunakan masker wajah akan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang ringan setelah membersihkan wajah dari masker yang digunakan.

8. Tidak Menggunakannya dengan Konsisten

Kesalahan saat menggunakan masker yang kedelapan adalah kamu tidak menggunakannya secara konsisten. Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal maka kamu perlu menggunakan masker wajah secara rutin setiap hari atau setidaknya 3 kali seminggu. Kamu bisa melihat petunjuk yang terdapat pada kemasan masker untuk mengetahui waktu penggunaannya hingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menggerakkan Wajah Saat Maskeran

Kesalahan saat menggunakan masker yang terakhir adalah menggerakkan wajah saat maskeran, seperti berbicara atau tertawa. Jika kamu menggunakan masker wajah yang memberikan hasil akhir mengeras atau mengering, maka kamu sangat tidak dianjurkan untuk menggerakkan wajah saat maskeran. Hal ini dikarenakan jika kamu berbicara atau tertawa saat menggunakan masker wajah, maka masker tersebut akan retak dan mempengaruhi elastisitas wajah. Pada akhirnya hal itu bisa menimbulkan keriput pada wajahmu.

Demikianlah beberapa kesalahan saat menggunakan masker wajah yang seringkali terjadi mungkin tanpa kamu sadari. Semoga dengan mengetahui dan mengubah kesalahan-kesalahan saat menggunakan masker wajah tersebut, kamu bisa memperoleh hasil yang lebih efektif. Selamat mencoba!



Simak Video "Unik! Kelompok Selam Ini Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Masker Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)