Hindari Tertular Virus Corona, Begini Orang-orang di China Potong Rambut

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 05 Mar 2020 13:14 WIB
Process of doing fashionable haircut Foto: Getty Images/iStockphoto/DragonImages
Jakarta -

Virus Corona membuat orang-orang takut tertular. Apalagi di negara-negara yang memang banyak warganya sudah terinfeksi, seperti China. Wabah Corona tentu mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Demi mencegah penyebaran virus, orang-orang di China saling jaga jarak termasuk saat potong rambut.

Beberapa video yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana cara orang-orang di China potong rambut selama wabah virus Corona. Tak hanya hair stylist mengenakan masker, mereka juga mengalternatifkan alat-alat. Gunting, alat cukur, hingga sikat untuk keramas kini dipasang dengan tongkat untuk menjaga jarak antara pelanggan dan stylist-nya.


"Alat-alat ini tidak bekerja dengan baik seperti kamu memegangnya dengan tangan, tapi ini untuk keselamatan (kita dan pelanggan," kata Wu Junlong, pemilik barbershop di Provinsi Henan, China.

"Meskipun (perintah) tidak keluar sudah selesai, kami masih butuh beberapa jarak untuk tetap aman," kata seorang pemotong rambut di video yang diunggah di Douyin.



Dari video, kebanyakan orang yang rambutnya dipotong dengan cara ini adalah pria. Biasanya hair stylist akan memegang tongkat alat cukur di satu tangan dan tongkat sisir di tangannya yang lain. Cara serupa juga berlaku untuk blow dry rambut bahkan keramas.

Dalam video yang beredar, para pekerja salon pun terlihat canggung dan harta lebih banyak bergerak. Tentu hal ini juga perlu banyak tenaga dan kekuatan tangan untuk melakukannya. Karena itu, banyak netizen yang salut dengan keahlian serta usaha mereka.


"Kamu butuh tangan yang kuat untuk jadi pemotong rmabut sekarang," "Jarak membuat hati lebih menyanyangi," tulis netizen.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)