5 Tips Pakai Sheet Mask yang Benar Agar Hasilnya Maksimal di Wajah

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 28 Feb 2020 08:31 WIB
sheet mask Foto: dok. Veocel
Jakarta -

Sheet mask menjadi perawatan instan untuk membuat wajah menjadi lebih lembap. Agar hasil sheet mask maksimal di wajah, penting untuk mengetahui tips atau cara pakai sheet mask yang benar.

Ada berbagai jenis masker kecantikan, salah satu masker yang beberapa tahun belakangan ini jadi tren adalah sheet mask. Sheet mask merupakan masker berbentuk lembaran tisu. Bahan tisunya tentu saja khusus yang mampu menampung essence dengan baik.


"Sheet mask yang baik mampu menampung serum dan melepaskan bahan aktifnya ke kulit sehingga penetrasinya lebih tinggi," ucap dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK dalam acara peluncuran L'Oreal Paris Pro Youth Mask di hotel Alila, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Berikut ini lima langkah yang benar saat memakai sheet mask:

1. Cara Pakai Sheet Mask
Influencer dan skincare enthusiast Tyna Kanna Mirdad memberikan tips pakai sheet mask. Menurut Tyna, untuk sheet mask yang bahannya tipis biasanya ada bagian yang lebih keras. Tempelkan sheet mask dan bagian kertas yang lebih keras ke wajah. "Lalu kelupaskan bagian keras perlahan, sehingga bagian tisu yang tipis bisa menempel di wajah," ucap Tyna yang juga hadir dalam acara L'Oreal Paris Pro Youth Mask.

"Rapikan sheet mask dari atas (bagian dahi), lalu ke bagian tengah dan lebarin ke samping," tambahnya.

2. Diamkan Sheet Mask 10 sampai 20 Menit, Jangan Dibawa Tidur
Idealnya sheet mask dipakai selama 10 hingga 20 menit. Tidak dianjurkan lebih dari itu, apalagi dipakai sampai pagi.

"Sheet mask mengandung banyak air bisa menjadi sarang mikroorganisme. Sheet mask juga memiliki bahan pengawet yang bisa mengiritasi," ujar dr. Litya.

3. Pakai Sheet Mask Berapa Kali Seminggu?
Tergantung dengan kondisi kulit, dan bahan aktif yang terkandung. Jika kulit sangat kering, sheet mask bisa dipakai setiap hari. Namun jika kondisi kulit normal, idealnya menggunakannya dua sampai tiga kali seminggu.


4. Setelah Pakai Sheet Mask Tidak Perlu Dibilas
Masih banyak keraguan tentang penggunaan sheet mask, apakah setelah memakainya wajah dibilas? Jawabannya tidak. Seperti yang sudah diterangkan, sheet mask mengandung essence atau serum, jadi tidak perlu dibilas. Biarkan bahan aktifnya menyerap di kulit dengan cara ditepuk-tepukkan ke wajah.

5. Setelah Pakai Sheet Mask Tetap Pakai Pelembap
Setelah pakai sheet mask tetap disarankan menggunakan pelembap dan serum. Menurut Rita Wijaya selaku Group Product Manager Skin & Hair L'Oréal Paris Indonesia, penggunaan sheet mask bukan pengganti moisturizer.

"Sheet mask sebagai tambahan yang memberikan suplemen sebagai skincare pelengkap," ucapnya.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)