3 Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 25 Feb 2020 19:30 WIB
bawang putih Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat / Foto: shutterstocks
Jakarta -

Setiap orang pasti menginginkan wajah yang mulus dan glowing. Berbagai macam cara akan dilakukan demi mendapatkan kulit wajah impian tersebut. Namun terkadang jerawat serta bekasnya seringkali muncul dan mengganggu penampilan. Agar wajah bisa kembali mulus seperti semula maka kamu perlu mengobati jerawat dan bekas jerawatmu supaya tidak semakin parah. Kamu bisa memilih pengobatan dengan perawatan medis, menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran, atau dengan bahan-bahan alami, salah satunya adalah bawang putih.

Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya? Pertanyaan tersebut yang sering muncul dan membuat bingung. Banyak yang mengatakan bahwa bawang putih justru dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menimbulkan rasa terbakar. Sebenarnya, bawang putih memang memiliki kandungan yang dapat membantu membasmi jerawat.

"Bawang putih memiliki antioksidan dan elemen anti-inflamasi, yang dapat membantu," kata Doris Day, M.D., ahli kulit yang berbasis di New York, seperti dikutip dari Self.

Bawang putih juga dapat membantu mempercepat kematangan dan penyembuhan jerawat. Selain itu, manfaat bawang putih bagi jerawat yang selanjutnya adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat tidak akan menyebar semakin banyak. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi jerawat.

1. Mempercepat Kematangan Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat3 manfaat bawang putih untuk jerawat Foto: istimewa

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang pertama adalah untuk mempercepat kematangan jerawat. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membuat jerawat menjadi lebih cepat matang, sehingga bukan tidak mungkin jerawatmu akan mengempis dalam satu malam saja. Dengan begitu, wajah bisa kembali mulus seperti semula.

2. Membunuh Bakteri Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat3 manfaat bawang putih untuk jerawat Foto: thinkstock

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang kedua adalah untuk membunuh bakteri jerawat. Bawang putih dikenal memiliki kandungan anti peradangan yang dapat mencegah bakteri jerawat menyebar. Jika bakteri-bakteri jerawat telah mati maka jerawat akan lebih cepat sembuh dan tidak akan menyebar.

3. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat3 manfaat bawang putih untuk jerawat Foto: iStock

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang ketiga adalah untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Seperti yang telah disebutkan di atas, bawang putih memiliki kandungan-kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat sehingga jerawat akan sembuh dengan lebih cepat. Bawang memiliki kandungan aktif bernama allicin. Allicin mengandung antioksidan dan anti radang yang sangat baik untuk mempercepat pemulihan jerawat.

Walau demikian, manfaat bawang putih bagi jerawat masih banyak menimbulkan pro dan kontra. Hal ini karena bawang putih juga memiliki kekurangan dan efek sampingnya. Bawang putih dapat menimbulkan ruam kemerahan dan lecet pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Oleh karena itu, sebelum mencoba bawang putih untuk jerawat, kamu perlu mencari tahu secara jelas bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang tepat.

Manfaat bawang putih bagi jerawat dapat kamu dapatkan melalui pemakaian topikal secara langsung dengan menghaluskan bawang putih lalu mengaplikasikannya pada bagian yang berjerawat. Namun jika kamu merasa takut untuk melakukan hal ini, kamu juga bisa mendapatkan manfaat bawang putih bagi jerawat dengan cara mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin setiap hari.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)