5 Cara Mudah Membuat Alis untuk Pemula

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 23 Feb 2020 12:08 WIB
Portrait of a blonde young pretty woman with natural make-up Ilustrasi cara bikin alis. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Alis menjadi pembingkai wajah sehingga butuh dibentuk dan ditegaskan kembali. Tak hanya dibutuhkan pensil alis saja, namun alis juga butuh dirapikan. Cara membuat alis untuk pemula memang susah-susah gampang.

Bagi kamu yang belum terbiasa membuat alis, inilah cara membuat alis untuk pemula. Mulai dari cara mencukur alis hingga memilih produk alis yang tepat.

1. Basahi Alis dengan Air Hangat


Membuat alis untuk pemula kadang tidak mengetahui harus mulai dari mana. Langkah pertama adalah dengan membasahi alis dengan air hangat. Fungsinya adalah agar alis mudah dicabut. Cara ini cukup efektif agar saat alis dicabut tidak terasa sakit karena pori-pori sudah terbuka.


2. Menentukan Titik-titik Alis


Tips membuat alis untuk pemula adalah dengan menentukan titik-titik alis. Tempatkan pulpen atau kuas rias tegak lurus dari ujung terdalam alis ke batang tengah hidung, lalu tandai dengan eyeliner pensil.

Dilanjutkan dengan mencari titik tertinggi alis atau arch. Diukur dari sisi hidung paling pinggir ditarik 45 derajat ke arah bola mata, kemudian tandai. Untuk titik terakhir alis berada ujung terluar. Cara mengukurnya dengan menarik pulpen atau kuas dari pinggir hidung ke ujung terluar mata dan tandai.

Setelah mendapatkan titik-titiknya, arsir alis dengan pensil alis, sehingga kelebihan rambut di luar arsiran bisa terlihat. Kemudian cabut dengan tweezer atau cukur dengan alat pencukur alis khusus.

Ilustrasi cara bikin alis untuk pemulaIlustrasi cara bikin alis untuk pemula Foto: iStock


3. Cabut atau Cukur Alis


Inilah tips untuk mencukur alis yang tepat. Siapkan cukuran alis, gunting dan pinset atau tweezer. Alis wanita beda-beda. Ada wanita yang alisnya tumbuhnya ke bawah, sehingga harus digunting. Kalau tekstur rambutnya tebal butuh pinset atau tweezer.



4. Arsir dengan Produk Alis


Setelah alis dibentuk, gunakan produk alis untuk mengisi kekosongan dan menebalkan bentuknya. Saat ini, make-up alis lebih bervariasi, tidak hanya pensil alis. Ada maskara alis dan shadow alis. Bagi Anda yang ingin membuat tampilan alis ala Korea yang natural bisa menggunakan shadow alis karena hasil pulasannya lebih tipis dibanding maskara atau pensil alis.

5. Tips untuk Alis yang Sudah Tebal dan Warnanya Gelap


Untuk alis tebal dengan warna bulu yang pekat, disarankan untuk menggunakan brow powder karena lebih mudah diatur aplikasinya. Penggunaannya jangan ditekan tapi digaris tipis-tipis saja, hanya untuk mempertegas. Pilih juga produk alis yang tidak terlalu gelap.




Simak Video "Cantik dan Eksotis, Tips Makeup untuk Kulit Gelap Biar Nggak Belang"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/agm)