Anak SD Viral Bikin Tutorial Makeup ke Warung, Ini Kisahnya Hadapi Bullying

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 19 Feb 2020 12:31 WIB
Nayla Qatrunnada Foto Nayla Qatrunnada saat membuat tutorial makeup ke warung. Foto: instagram @naylaqatrunnada_makeup
Situbondo -

Pada umumnya, anak yang berusia 12 tahun sibuk sekolah dan bermain. Namun berbeda dengan anak bernama Nayla Qatrunnada ini yang viral setelah membuat tutorial makeup ke warung untuk membeli mie instant. Dia juga viral karena aksinya menggambar alis dengan bantuan sendok. Nayla mengaku dia memang hobi makeup.

"Pertama kali aku tahu makeup itu dari YouTube, karena aku sering nonton tutorial Tasya Farasya akhir tahun 2018," ungkap Nayla saat diwawancara Wolipop, Senin (17/2/2020).

Nayla menceritakan alasannya menyukai makeup karena dia senang membuat wanita terlihat cantik. Ia juga belajar otodidak tanpa ada yang mengajarkannya tentang makeup.

Anak SD Viral Bikin Tutorial Makeup ke Warung, Ini Kisahnya Hadapi BullyingFoto Nayla Qatrunnada sedang memakai alis. Foto: instagram @naylaqatrunnada_makeup


"Aku suka sama makeup karena aku suka bikin orang jadi cantik. Dan aku suka pas review produk gitu. Aku nggak ada yang ngajarin, belajar sendiri dari YouTube," ucapnya.

Begitu hobi dengan makeup, Nayla pun kerap membuat video tutorial yang diunggah ke Instagram. Dan dia pun viral sepekan ini karena video tutorialnya yang mengundang senyum netizen. Dua videonya yang viral adalah tutorial makeup ke warung beli mie instant dan tutorial membuat alis menggunakan sendok.

Namun tak semua orang senang dengan berbagai video tutorial makeupnya. Nayla mengaku selain kerap menerima bullying di media sosial, di sekolah pun teman-temannya kerap menertawakannya.

Anak SD Viral Bikin Tutorial Makeup ke Warung, Ini Kisahnya Hadapi BullyingFoto Nayla Qatrunnada sedang merias wajah temannya. Foto: instagram @naylaqatrunnada_makeup


"Pertama-pertama diketawain karena makeup aku berantakan banget. Lama kelamaan nggak ada yang ngetawain lagi karena makeup aku udah mendingan. Dan di Instagram aku pernah dibilang item, jelek, centil, ada yang ekstrem bilang lo**e," katanya.

Menghadapi bullying yang diterimanya, gadis kecil dari Situbondo itu pun menggunggah salah satu komentar nyinyir netizen tentangnya. Dan dia memberikan jawaban menohok atas komentar pedas tersebut.


Dari postingan Nayla diketahui seorang netizen menyuruhnya fokus dengan pendidikan, bukan sibuk makeup. "Indonesia nggak butuh generaai yang pintar dalam bermakeup tapi Indonesia butuh generasi yang bisa membangun negara," tulis sang netizen.

Anak SD Viral Bikin Tutorial Makeup ke Warung, Ini Kisahnya Hadapi BullyingFoto Nayla Qatrunnada saat di sekolah. Foto: Dok. Pribadi Nayla Qatrunnada.


Dan berikut jawaban Nayla yang menohok: "Sebenarnya sih udah males mau membahas komentar seperti ini. Tapi kalau dibiarkan, orang akan seenaknya menilai tanpa tau lebih dahulu. Mohon maaf kak, saya lebih miris lagi melihat orang yang gampang menjudge seseorang. Alhamdulillah kegiatan belajar saya sangat lancar dan tidak terganggu oleh kegiatan makeup saya dan alhamdulillah saya masuk 3 besar di kelas saya. Dan saya makeup gak setiap hari kok kak, cuma dua kali seminggu, sisanya saya belajar makeupin orang. Dan makeup hanya buat video saja kok, habis makeup langsung dihapus. Prestasi tidak harus diukir dengan prestasi akademik kan kak? Masih banyak cara untuk membangun negara Indonesia. Oke, kalau menurut kakak saya tidak dibutuhkan oleh negara. Tapi bagaimana dengan beauty vlogger/MUA yang berprestasi lainya? Apa mereka juga tidak dibutuhkan negara seperti yang kakak bilang?."

Kerap menerima bullying, Nayla merasa beruntung karena dia mendapat dukungan dari orang-orang terdekatnya yaitu kedua orangtuanya dan kakaknya. Malah sang kakak yang duduk di bangku SMP kerap membelikannya peralatan makeup. Dia juga beruntung karena guru-gurunya di sekolah mendukung cita-citanya menjadi makeup artist.

"Guruku pada senang, malah banyak yang bangga pas tahun lalu video aku yang makeup pakai sendok itu viral. Ada yang bangga, terus diceritain ke teman-teman di sekolah. Ada yang bilang pengen dimakeupin sama aku," jelasnya.

Nayla menegaskan dia tak akan menyerah mengejar cita-citanya menjadi makeup artist atau beauty vlogger meski kerap menerima bullying. "Karena yang diinginkan haters itu kita berhenti mengejar mimpi-mimpi kita," pungkas Nayla.

Anak SD Viral Bikin Tutorial Makeup ke Warung, Ini Kisahnya Hadapi BullyingFoto Nayla Qatrunnada bersama dengan temannya Aisyah. Foto: instagram @naylaqatrunnada_makeup


Simak Video "Gemasnya Aksi Tutorial Make Up ke Warung Ala Gadis Cilik Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)