Ini yang Harus Diperhatikan saat Pilih Pelembap Menurut Dokter Kulit

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 19 Feb 2020 05:30 WIB
Smiling pretty woman applying cream on her face in bathroom Ilustrasi wanita memilih pelembap. Foto: iStock
Jakarta -

Pelembap merupakan salah satu produk yang cukup penting bagi kulit. Pelembap berfungsi mengunci kadar air pada kulit sehingga mencegah dehidrasi dan kering.

Memilih pelembap tidak bisa sembarangan. Agar tidak salah pakai pelembap, dokter kulit memberikan tips memilih pelembap yang tepat.

"Intinya kalau iritasi atau tambah usia pilih yang kandungan minyaknya lebih banyak. Kalau masih muda dan di negara tropis pilih yang kandungan minyaknya lebih sedikit. Tapi kalau muda tapi di AC terus boleh in between, misalnya body butter," kata dr. Eddy Karta, Sp.KK, PhD saat ditemui dalam acara Senka di The MAJ Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/02/2020).


Menurut Eddy, agar kulit tetap terjaga kelembapannya, kamu perlu mencari produk dengan kandungan minyak sesuai usia, lingkungan tempat tinggal, dan kondisi kulit. Misalnya saja jika tinggal di negara kering dan panas, dia tidak menyarankan memakai pelembap berbentuk losion.

"Kalau kita masih muda tapi ada di negara kering jangan pakai losion karena losion menarik air dari udara, sehingga justru malah makin kering," jelasnya.


Dokter Eddy juga tidak menyarankan menggunakan pelembap dari bahan gel karena menurutnya gel hanya berfungsi menenangkan kulit. Kecuali jika ingin memakainya setelah berpanas-panasan untuk mengurangi efek kemerahan atau kulit terbakar.

Pemilik kulit berminyak juga bisa menggunakan pelembap berbahan gel, karena tidak terlalu banyak mengandung moisturizer sehingga kulit tidak semakin berminyak.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)