13 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Indah

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 12 Feb 2020 17:15 WIB
Studio portrait of a beautiful young woman posing against a gray background Cara Merawat Rambut Rusak / Foto: iStock
Jakarta -

Rambut rusak bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti akibat smoothing, terlalu sering melakukan proses styling, atau karena penggunaan pewarna rambut. Proses-proses tersebut dapat membuat rambut jadi kering, kusam, dan rontok. Agar kamu bisa terhindar dari masalah-masalah rambut rusak tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang alami. Berikut ini 13 cara merawat rambut rusak yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

Gunakan Conditioner Setelah Keramas

Cara merawat rambut rusak yang pertama adalah dengan menggunakan conditioner setelah keramas. Jika kamu ingin menjadikan conditioner sebagai salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah rambut rusak seperti, rambut kering dan kusam maka kamu perlu menggunakan produk tersebut pada bagian akar rambut.

Banyak yang takut dan beranggapan jika conditioner lebih baik digunakan hanya pada bagian ujung rambut karena takut membuat kulit kepala menjadi berminyak. Sebetulnya anggapan tersebut tidaklah benar karena produk-produk conditioner di zaman sekarang sudah sangat canggih sehingga tidak akan terasa berat saat digunakan.

Pakai Masker Rambut

Masker rambut dapat digunakan sebagai salah satu cara merawat rambut rusak. Masker rambut dapat membuat rambut terhindar dari masalah rambut kering dan kusam. Pilihlah produk masker rambut yang memang ditujukan khusus untuk mengatasi masalah rambut rusak. Masker rambut dapat mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang pada rambutmu.

Untuk menjadikan masker rambut sebagai salah satu cara merawat rambut rusak, kamu bisa menggunakan masker rambut secara rutin satu atau dua kali setiap minggunya. Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa dengan mudah membeli produk-produk masker rambut yang tersedia di pusat perbelanjaan. Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.

Rajin Memotong Rambut

13 Cara Merawat Rambut RusakCara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat. Foto: Dok. iStock

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat adalah dengan rajin memotong ujung rambut yang rusak. Bagian rambut ujung rambut yang rusak, kering, dan bercabang harus segera dihilangkan dengan dipotong. Rutin memotong bagian ujung rambutmu bisa membuat rambut terhindar dari kerusakan dan terlihat lebih sehat.

Gunakan Produk Pelindung Rambut

Jika kamu sering menggunakan alat-alat hair styling seperti hair dryer dan catokan maka kamu wajib menggunakan produk-produk untuk melindungi rambut dari terpaan panas alat tersebut. Selain itu produk-produk pelindung rambut juga dapat melindungi rambut dari terpaan sinar matahari sehingga tidak akan membuatnya menjadi kering.

Gunakan Hair Tonic

Hair tonic adalah cara yang cukup efektif untuk memperbaiki rambut rusak. Cara merawat rambut rusak dengan menggunakan hair tonic ini dapat kamu lakukan setiap hari. Hair tonic dapat mengatasi rambut kering dan rontok. Jika kamu menggunakannya setiap hari secara rutin maka kamu akan mendapatkan rambut yang sehat dan tebal.

Konsumsi Sayuran Hijau

13 Cara Merawat Rambut RusakCara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat. Foto: iStock

Cara merawat rambut rusak tidak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam. Untuk merawatnya dari dalam kamu perlu mengonsumsi banyak sayur-sayuran hijau. Sayuran-sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada air, dan sawi kaya akan kandungan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa berfungsi untuk meningkatkan produksi keratin pada rambut.

Pakai Vitamin Rambut

Jika kamu memiliki permasalahan seperti rambut kering dan mengembang maka cara merawat rambut rusak yang satu ini bisa kamu jadikan rekomendasi. Vitamin rambut yang dapat langsung dioleskan pada rambut dapat melembutkan rambut dan membuatnya tidak mengembang. Gunakan produk perawatan rambut kering ini secara rutin agar kembali sehat.

Bilas Rambut Menggunakan Cuka Apel

13 Cara Merawat Rambut RusakCara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat. Foto: thinkstock

Cara merawat rambut rusak bisa juga dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki beragam khasiat. Selain dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk merawat kulit, ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk merawat rambut kering dan mengembang. Cara merawat rambut rusak dengan cuka apel cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air dengan takaran yang sama 1:1 lalu tuangkan ke rambut dan diamkan selama 5 menit setelahnya bilas bersih. Sifat asam pada cuka apel dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala dan batang rambut.

Jauhi Hair Spray dan Styling Gel

Jika kamu memiliki permasalahan rambut rusak maka kamu perlu menjauhi produk-produk pengeras rambut seperti hair spray, styling gel, dan produk-produk serupa lainnya. Produk-produk ini dapat membuat rambut menjadi cepat kotor dan juga sarang jamur. Selain itu, bahan kimia yang terdapat dalam produk-produk tersebut dapat merusak rambut dan membuatnya semakin lemah serta rapuh.

Gunakan Minyak Alami

Cara merawat rambut rusak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak dari bahan-bahan alami. Kamu bisa menggunakan minyak kemiri, minyak kelapa, atau urang-aring sesekali untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tetap ternutrisi. Minyak-minyak alami tersebut akan menjadikan rambut lebih sehat dan tidak cepat berubah.

Pakai Handuk Lembut

13 Cara Merawat Rambut RusakFoto: iStock

Penggunaan handuk yang tepat juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara merawat rambut yang rusak. Gunakan handuk microfiber yang memiliki serat dan permukaan yang lebih lembut daripada handuk-handuk pada umumnya. Handuk dengan permukaan kasar dapat merusak batang rambut. Kamu juga bisa menggunakan kaos lama berbahan lembut yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan handuk untuk kepalamu.

Konsumsi Vitamin Khusus Untuk Rambut

Cara merawat rambut yang rusak bisa juga dengan mengonsumsi vitamin-vitamin yang memang khusus ditujukan untuk perawatan rambut. Sama seperti kulit, rambut juga memerlukan vitamin. Oleh karena itu jika kamu merasa kurang mengonsumsi sayur dan buah, maka cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer

13 Cara Merawat Rambut RusakFoto: iStock

Cara merawat rambut rusak yang terakhir adalah dengan mengurangi penggunaan catokan dan hair dryer. Catokan dan hair dryer akan menghasilkan suhu panas yang dapat merusak rambut dan membuatnya menjadi kering dan kusam. Oleh sebab itu jika terpaksa harus menggunakan alat-alat ini maka pastikan kamu mengatur suhunya terlebih dahulu agar tidak terlalu panas.

Demikianlah cara merawat rambut rusak yang dapat kamu jadikan rekomendasi. Jika kamu melakukannya secara rutin maka kamu akan mendapatkan rambut sehat dan berkilau seperti yang kamu impikan. Selamat mencoba!



Simak Video "Rambut Rapi Sekejap dengan Hair Dryer Multifungsi"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)