15 Urutan Makeup Lengkap untuk Sehari-hari dari Bubah Alfian

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 05 Feb 2020 16:05 WIB
Putting eyeshadow on the eye Urutan Makeup Lengkap Ala Bubah Alfian / Foto: iStock
Jakarta -

Makeup sudah layaknya sahabat bagi para wanita. Namun tidak semua wanita benar-benar paham bagaimana caranya makeup yang benar. Jika kamu juga masih bingung, urutan makeup lengkap dan cara makeup dari makeup artist langganan selebriti, Bubah Alfian ini bisa kamu jadikan rekomendasi. Berikut ini 15 urutan makeup lengkap untuk sehari-hari menurut Bubah Alfian.

1. Bersihkan wajah

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianUrutan makeup lengkap untuk sehari-hari. Foto: Thinkstock


"Jadi wajah itu bagaikan kanvas, kalau kanvasnya bersih makeupnya bisa lebih sempurna," kata Bubah Alfian saat ditemui di sela-sela acara Watsons di Kuningan City, Jakarta pada Selasa (04/02/20).

Menurut Bubah membersihkan wajah sangat penting dan wajib ada di urutan makeup lengkap harian kamu. Makeup artist pernikahan Raisa itu lebih menyarankan untuk mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah. Namun jika kamu terpaksa tidak bisa mencuci wajah maka setidaknya kamu bisa menggunakan micellar water.

2. Pakai Lipbalm
"Penting banget bibir itu menerima nutrisi yang baik agar tidak kering," kata Bubah.

Bibir yang lembab dan sehat akan membuat pengaplikasian lipstik nantinya akan menjadi lebih mudah. Selain itu, lipstik yang digunakan pastinya akan terlihat lebih bagus jika diaplikasikan di bibir yang lembab dan sehat.

3. Pelembab

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianIlustrasi Urutan Makeup Lengkap untuk Sehari-hari. Foto: iStock


Urutan makeup lengkap untuk sehari-hari yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Pelembab cukup penting untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit wajah. Walaupun kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu tetap wajib menggunakan pelembab, hanya kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi kebutuhan kulitmu.

"Kalau misalnya kulitnya berminyak jangan terlalu banyak pelembab nanti kulitnya semakin berminyak," kata Bubah.

15 Urutan Makeup Lengkap untuk Sehari-hari dari Bubah AlfianFoto: Vina Oktiani/Wolipop

4. Primer Oil-free/Mattifying
Urutan makeup lengkap selanjutnya adalah primer. Untuk primer, Bubah menggunakan dua jenis primer. Yang pertama adalah primer mattifying yang berfungsi untuk membuat wajah terlihat lebih matte dan tidak berminyak.

"Ini saya pakai di daerah T zone karena di daerah T zone menurut saya harus lebih matte untuk membuat kulit terlihat lebih fresh karena kalau bagian itu terlalu glowing malah nanti jadi terlihat berminyak," kata Bubah.

Setelahnya Bubah menggunakan primer biasa untuk diaplikasikan ke seluruh bagian wajah. Primer ini berfungsi agar makeup yang digunakan bisa lebih nempel dan tahan lama. Tak lupa Bubah juga menggunakannya pada bagian leher.

5. Foundation

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianFoto: iStock


"Pastikan foundation itu sama dengan warna kulit kita. Atau bisa juga yang satu tingkat lebih cerah," kata Bubah.

Menurut Bubah, jika takut foundation yang kamu gunakan akan beroksidasi dan menjadi sedikit lebih gelap maka kamu bisa memilih foundation yang sedikit lebih terang dari warna kulitmu. Sebenarnya kamu juga bisa mencampurkan beberapa foundation sejenis untuk memperoleh warna yang diinginkan. Namun jika kamu ingin mencampurnya maka kamu harus benar-benar memperhatikan jenis foundationnya karena tidak semua foundation bisa dicampur.

"Foundation matte sama glowing tidak bisa digabung karena nanti malah jadi pecah," jelasnya.

Setelah mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah dan leher menggunakan sponge, selanjutnya Bubah kembali mengambil foundation dengan warna yang lebih gelap untuk dijadikan sebagai shading. Shading berfungsi untuk mengubah bentuk wajah agar terlihat lebih proporsional.

"Wajah yang bagus adalah wajah yang oval. Jadi bagaimanapun bentuk wajahnya saya biasanya akan jadiin berbentuk oval," jelasnya.

6. Shading Hidung
"Cari foundation yang dua atau tiga tingkat lebih putih terus saya taro di tengahnya," kata Bubah menjelaskan.

Buat shading hidung dari bagian ujung mata ke dalam dan semakin kecil ke bawah. Agar tidak terlihat kaku, blending dengan menggunakan jari tangan sehingga shading akan terlihat lebih halus.

7. Bedak tabur
Dalam urutan makeup lengkap, memakai bedak tabur dilakukan setelah membuat shading. "Loose powder itu gunanya untuk menahan minyak. Saya taro di bagian T zone dan juga bagian bawah mata," kata Bubah.

Bubah mengaplikasikan bedak tabur dengan menggunakan sponge yang baru. Bubah juga menyarankan untuk tidak menggunakan bedak terlalu banyak bagi pemilik kulit kering dan mengelupas karena bisa membuat kulit terlihat lebih buruk.

8. Bedak padat

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianFoto: Freepik


Setelah bedak tabur, tips urutan makeup lengkap untuk sehari-hari dari Bubah, mengaplikasikan bedak padat ke seluruh wajah. Pastikan juga kamu mengaplikasikannya pada leher karena jika tidak nanti lehermu akan terlihat belang.

"Paling penting adalah daerah leher jangan sampai nggak kena. Sampai ke belakang leher juga," kata Bubah.

Setelahnya agar complexionnya terlihat lebih rapih kamu bisa menyapu-nyapu wajah menggunakan brush.

9. Alis
Urutan makeup lengkap sehari-hari selanjutnya adalah menggambar alis. Untuk menggambar alis, Bubah memberikan beberapa tipsnya agar alis tidak medok dan terlihat natural.

"Saran saya kalau pakai pensil alis itu jangan terlalu diteken banget. Ngambang aja. Dipegang tapi jangan terlalu digenggam erat," kata Bubah.

Selain itu Bubah juga menyarankan untuk menyesuaikan alis dengan bulu mata yang dikenakan. Jika terlalu berlebihan, wajahmu justru akan terlihat galak.

"Kalau pemakaian bulu mata sudah tebal, alisnya jangan terlalu tebal," jelasnya.

Setelahnya agar alis terlihat lebih rapi, gunakan foundation cream atau concealer untuk meratakan alis. Concealer tersebut lalu kembali ditutup dengan bedak padat.

10. Eyeshadow

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianUrutan makeup lengkap untuk sehari-hari. Foto: iStock


"Teman-teman bisa menggunakan dua warna atau satu warna. Tapi zaman sekarang makeup artist itu suka menggunakan satu warna tapi di bagian ujung-ujungnya pakai yang lebih gelap," kata Bubah.

Untuk bagian mata, kamu bisa bermain dengan warna-warna eyeshadow yang kamu miliki. Namun jika kamu menginginkan tampilan yang lebih sederhana maka kamu bisa mengikuti cara dari Bubah yaitu dengan menggunakan hanya satu saja warna eyeshadow dan menambahkan warna gelap di samping-sampingnya.

11. Bulu Mata
Urutan makeup berikutnya adalah menggunakan bulu mata palsu agar bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal. Untuk penggunaan bulu mata palsu kamu tidak perlu mengoleskan lem bulu mata pada kelopak mata. Cukup pada bagian bulu mata palsunya saja.

12. Blush on
Setelah menggunakan bulu mata palsu lalu aplikasikan blush on untuk membuat pipi terlihat lebih merona. Gunakan blush on berbentuk powder yang sesuai dengan warna kulitmu.

13. Lipstik
Urutan makeup lengkap sehari-hari ala Bubah Alfian yang selanjutnya adalah menggunakan lipstik agar bibir tidak terlihat pucat. Kamu bisa mengggunakan warna lipstik sesuai yang kamu inginkan.

"Biasanya kalau aku sih warna-warna nude, warna fashion itu aku suka banget," kata Bubah.

14. Highlighter

Urutan Makeup Sehari-hari Ala Bubah AlfianFoto: Freepik


Agar wajah terlihat lebih glowing dan lebih sehat, aplikasikan highlighter. Highlighter bisa digunakan pada ujung bagian dalam mata, tulang pipi, dan sedikit di ujung hidung.

15. Setting spray
Urutan makeup sehari-hari yang terakhir adalah dengan menggunakan setting spray. "Agar makeup lebih stay," jelas Bubah.

Demikianlah 15 urutan makeup lengkap untk sehari-hari dari Bubah Alfian. Selamat mencoba!



Simak Video "Rahasia Sapuan Makeup Menawan Bocah 9 Tahun Lovely Natasha"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)