10 Urutan Makeup Lengkap yang Benar, Cocok untuk Pemula

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 04 Feb 2020 07:34 WIB
Makeup tutorial. Cute and young blogger using brush to apply highlighter while broadcasting live video to social network. Beauty tutorial. Blogging. Social Media Urutan Makeup Lengkap yang Tepat / Foto: iStock
Jakarta -

Terkadang kita masih sering bingung dengan urutan makeup yang benar, terutama bagi para kaum remaja atau pemula yang baru belajar makeup. Agar tidak salah saat ber-makeup maka kamu perlu tahu beberapa urutan makeup dasar. Berikut ini sembilan urutan makeup lengkap yang benar untuk kamu jadikan rekomendasi.

1. Membersihkan Wajah

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: Thinkstock


Urutan makeup lengkap yang pertama adalah membersihkan wajah. Sebelum memulai rangkaian makeup selanjutnya, pastikan kamu tidak melewatkan tahapan yang satu ini. Jika kamu melewatkannya maka bukan tidak mungkin jerawat akan mulai bermunculan pada kulitmu. Oleh sebab itu urutan makeup lengkap yang satu ini wajib dilakukan. Kamu bisa membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

2. Pelembab atau Skincare

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: iStock


Urutan makeup lengkap yang kedua adalah dengan mengaplikasikan pelembab atau skincare. Ini adalah salah satu tahapan yang cukup penting sebelum kamu menggunakan makeup. Pelembab atau skincare akan membuat kulit menjadi lebih siap sebelum di makeup. Sehingga walaupun kamu menggunakan makeup, namun kulitmu akan tetap terawat dan tidak rusak. Tahapan skincare yang perlu kamu ikuti adalah toner, lotion, eye cream, serum, dan moisturizer. Tahapan skincare tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak maka gunakanlah pelembab oil-free sehingga tidak akan membuat kulit terlihat semakin berminyak.

3. Corrector/Concealer

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: Thinkstock


Setelah menyelesaikan tahap kedua, urutan makeup lengkap tahap ketiga adalah dengan menggunakan concealer dan corrector. Gunakan concealer dan corrector pada bagian-bagian yang memiliki kekurangan pada wajah, misalnya bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap. Gunakan concealer untuk menutupi kekurangan kulitmu dan membuatnya terlihat lebih cerah. Sebelum menggunakan concealer pada bagian bawah mata, kamu juga bisa menggunakan corrector berwarna orange terlebih dahulu agar setelah pengaplikasian concealer, bagian bawah mata tidak akan menjadi abu-abu. Sedangkan jika kamu memiliki noda kemerahan pada kulit, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan corrector berwarna hijau terlebih dahulu baru setelahnya aplikasikan concealer.

4. Foundation/BB Cream

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: iStock


Urutan makeup lengkap tahap keempat adalah penggunaan foundation atau BB cream. Kamu bisa memilih salah satu dari produk tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu menginginkan makeup yang lebih berat, high coverage, dan tahan lama maka kamu bisa memilih foundation. Sedangkan jika kamu menginginkan tampilan yang lebih ringan untuk pemakaian makeup sehari-hari maka kamu bisa memilih BB cream. Pastikan kamu memilih warna foundation atau BB cream yang sesuai dengan warna kulitmu. Jangan sampai kamu salah pilih karena hal ini dapat mempengaruhi hasil akhir dari makeupmu nanti.

5. Bedak

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: Freepik


Urutan makeup lengkap yang kelima adalah bedak. Kamu bisa menggunakan bedak padat ataupun bedak tabur sesuai kebutuhanmu. Biasanya untuk kulit berminyak lebih disarankan untuk menggunakan bedak tabur karena bedak tabur bisa lebih menahan minyak di wajahmu. Bagi pemilik wajah berminyak, kamu bisa menggunakan bedak-bedak yang memiliki kemampuan penyerapan minyak yang tinggi. Namun bagi pemilik wajah kering atau normal, kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak agar hasil makeupmu tetap terlihat glowing.

6. Blush On

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: Thinkstock


Agar hasil makeup tidak terlihat pucat, kamu bisa mengaplikasikan blush on pada bagian pipi. Aplikasikan powder blush on. Pilihlah warna blush on yang sesuai dengan warna kulitmu. Untuk pemilik kulit berwarna terang, kamu bisa memilih blush on berwarna merah muda, sedangkan bagi pemilik kulit sawo matang, kamu bisa memilih blush on berwarna oranye. Kamu juga bisa menggabungkan dua warna blush on untuk membuat pipi terlihat lebih tirus. Caranya adalah dengan menyapukan warna blush on yang lebih gelap pada bagian luar pipi dan blush on dengan warna lebih terang di bagian dalam pipi.

7. Menggambar Alis
Urutan makeup lengkap selanjutnya adalah menggambar alis. Gambar alis yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Pilih warna yang senatural mungkin untuk alismu dan jangan yang terlalu pekat. Menggunakan produk alis dengan warna yang terlalu pekat akan membuat hasil makeup mu terlihat tidak natural. Umumnya bentuk alis cenderung tebal di bagian dalamnya dan semakin menipis menuju bagian luarnya. Kamu bisa memulainya dengan menggambar bingkai alis terlebih dahulu setelahnya baru isi dengan warna yang sesuai.

8. Makeup Mata Eyeshadow

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: iStock


Urutan makeup lengkap yang kedelapan adalah merias bagian mata. Riasan mata ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu ingin terlihat lebih heboh maka kamu bisa bermain dengan beberapa warna-warna eyeshadow yang kamu miliki. Namun jika kamu ingin penampilan yang santai dan natural maka kamu bisa menggunakan hanya satu warna eyeshadow saja dan pilihlah warna-warna nude.

9. Makeup Mata Eyeliner

Setelah pengaplikasian eyeshadow, urutan makeup selanjutnya adalah menggunakan eyeliner. Jangan menggunakan eyeliner terlalu tebal karena justru akan membuat tampilanmu malah terlihat menyeramkan nantinya. Aplikasikan eyeliner pada bagian garis mata dengan rapih. Ini akan membuat matamu terlihat lebih besar dan tajam. Terakhir, jangan lupa gunakan maskara agar bulu mata terlihat lebih tebal dan juga lentik.

10. Pakai Lipstik

Urutan Makeup Lengkap yang BenarFoto: iStock


Urutan makeup lengkap yang terakhir adalah menggunakan lipstik. Untuk acara malam kamu bisa memilih warna-warna lipstik yang lebih bold, seperti warna maroon. Sedangkan untuk acara di siang hari kamu bisa memilih warna-warna yang lebih natural seperti merah muda, dan warna-warna nude. Agar bibir tidak terlihat kering, kamu juga bisa menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik pada bibirmu.

Demikianlah urutan makeup lengkap yang dapat kamu coba. Urutan makeup ini bisa juga dijadikan makeup remaja, makeup glowing, makeup untuk kulit berminyak, dan makeup sehari-hari. Selamat mencoba!



Simak Video "Ini Dia Makeup Flawless Karya Perias Cilik 9 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)