Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara Alami

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 31 Jan 2020 05:30 WIB
Young brunette lady combing her beautiful long hair. isolated white Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala. Foto: iStock
Jakarta -

Jerawat bisa muncul di mana saja. Selain di kulit wajah dan punggung, jerawat juga bisa timbul di kulit kepala. Jerawat di kepala bisa disebabkan banyak faktor. Bisa karena makanan, hormon, gaya hidup, atau mungkin karena kamu tidak bersih mencuci rambut dan kulit kepala.

Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat di kepala, seperti dengan menggunakan obat tertentu, menggunakan shampoo yang dapat menghilangkan jerawat, ataupun dengan menggunakan cara-cara alami. Berikut ini delapan cara menghilangkan jerawat di kepala secara alami.

1. Jus Tomat

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Tomat. Foto: Getty Images


Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan menggunakan bahan alami yang pertama adalah menggunakan tomat. Tomat memiliki kandungan yang dapat menjaga pH kulit dan rambut agar tetap sehat. Selain itu tomat juga memiliki kandungan salicylic acid yang sangat baik untuk membasmi jerawat. Perawatan dengan bahan-bahan alami tinggi akan salicylic acid efektif membasmi jerawat di kulit kepala. Cara menghilangkan jerawat di kepala secara alami dengan menggunakan jus tomat cukup mudah. Gunakan jus tomat sebagai masker rambut dengan didiamkan 15-20 menit. Setelah dibilas rambut akan terlihat lebih bersinar serta jerawat di kulit kepala perlahan akan menghilang.

2. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Bawang Putih. Foto: iStock


Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan bahan alami yang selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih juga terkenal memiliki kandungan salicylic acid. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan, antivirus, dan antijamur. Kandungan-kandungan ini baik untuk menghilangkan jerawat di kepala. Walaupun bawang putih memiliki aroma yang kurang sedap tetapi cara menghilangkan jerawat di kepala dengan cara ini cukup efektif. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan bawang putih cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan sekitar 4 siung bawang putih yang sudah dikupas. Setelahnya buat seperti teh bawang putih, dengan mencampurkan bawang putih ke air panas. Gunakan teh bawang putih ini sebagai masker rambut lalu setelahnya bilas hingga bersih.

3. Cuka Apel

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Cuka Apel. Foto: iStock


Selain memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh dan kulit wajah, cuka apel juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala secara alami. Cuka apel dapat mengembalikan kadar pH dari kulit kepala dan membuatnya tetap sehat. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan cuka apel ini merupakan salah satu cara termudah yang dapat kamu coba lakukan. Selain itu cuka apel juga memiliki kandungan astringen kulit yang dapat meringankan rasa sakit akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan cuka apel adalah dengan mencampurkan cuka apel dan air. Perbandingannya adala 1:2, 1 untuk cuka apel dan 2 untuk air. Setelahnya gunakan campuran tersebut untuk membilas rambutmu.

4. Minyak Tea Tree

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Minyak Tea Tree. Foto: Thinkstock


Minyak tea tree memang sudah terkenal ampuh untuk mengobati jerawat. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan minyak tea tree cukup mudah dan efektif. Minyak tea tree memiliki kandungan anti peradangan yang tinggi sehingga sangat bagus untuk membasmi jerawat. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan tea tree adalah dengan memilih shampoo yangg memiliki kandungan minyak tea tree di dalamnya. Selain itu kamu juga bisa mengoleskan minyak tea tree secara langsung di jerawat yang ada di kulit kepalamu. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan tea tree ini bisa kamu gunakan 2-3 kali seminggu.

5. Jasmine Essential Oil

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Jasmine Essential Oil. Foto: Thinkstock

Cara menghilangkan jerawat di kepala yang selanjutnya adalah dengan jasmine essential oil. Jasmine essential oil memiliki kandungan benzoic acid yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab jerawat pada kulit kepala. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan cara ini tergolong efektif. Kamu hanya perlu melakukannya secara rutin. Cara menghilangkan jerawat di kepala menggunakan jasmine essential oil adalah dengan mencampurkan jasmine essential oil dan grape seed oil. Setelahnya oleskan pada kulit kepala sambil dipijat. Grape seed oil dapat membantu kinerja jasmine essential oil untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala.

6. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Lidah Buaya. Foto: Getty Images


Lidah buaya dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala yang bisa kamu coba. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menenangkan dan menyembuhkan kemerahan serta iritasi. Selain itu lidah buaya juga memiliki kandungan anti peradangan sehingga sangat baik untuk dijadikan salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala. Untuk menjadikan lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala, kamu cukup menjadikan gel lidah buaya tersebut seperti layaknya masker. Setelah didiamkan selama 30 hingga 40 menit lalu bilas dengan shampoo.

7. Biji Fenugreek

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Biji Fenugreek. Foto: iStock


Biji fenugreek banyak digunakan oleh para wanita di India sebagai salah satu bahan alami untuk merawat rambutnya. Biji fenugreek memiliki kandungan anti peradangan yang dapat menyembuhkan dan mengurangi kemerahan jerawat di kulit kepala. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan biji fenugreek secara teratur dapat menurunkan peluang untuk kembali memiliki jerawat di kulit kepala. Selain itu biji fenugreek juga dapat membuat rambutmu terlihat lebih sehat. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan biji fenugreek adalah dengan membuat biji fenugreek menjadi seperti pasta lalu aplikasikan pada kulit kepala. Diamkan selama satu jam, setelahnya bilas bersih.

8. Yoghurt

Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara AlamiCara Menghilangkan Jerawat di Kepala dengan Yoghurt. Foto: iStock


Cara menghilangkan jerawat di kepala secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt adalah salah satu bahan natural yang dapat membasmi jerawat di kulit kepala. Yoghurt memiliki kandungan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta melembabkan. Selain itu yoghurt juga bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh jerawat. Cara menghilangkan jerawat di kepala dengan menggunakan yoghurt adalah menjadikannya seperti masker. Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas bersih.

Demikian cara menghilangkan jerawat di kepala dengan bahan alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Simak Video "Tips Rinni Wulandari yang Suka Gonta-ganti Warna Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)