Ini Penampakan Orang-orang yang Tidak Keramas Bertahun-tahun

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 25 Jan 2020 14:49 WIB
llustrasi wanita pakai handuk setelah keramas. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Idealnya rambut perlu dikeramas minimal 2-3 kali seminggu untuk menjaga kebersihannya. Tapi orang-orang ini menganggap, keramas atau pakai sampo, justru bisa merusak rambut.

Mereka percaya, tidak keramas selama berbulan-bulan bahkan tahunan, adalah salah satu cara untuk membuat rambut sehat. Ada pula yang rela tidak keramas karena alasan menjaga lingkungan.

Berikut ini lima kisah pria dan wanita yang tidak pernah keramas. Salah satunya ada selebriti dunia, lho!

1. Iiris Heikkinen, Tidak Keramas 2 Tahun

Foto: Instagram, Twitter


Wanita asal Inari, Finlandia, ini tak menggunakan apapun kecuali air dan setetes minyak kelapa sekali setiap dua bulan untuk rambutnya. Hal itu sudah dilakukan selama dua tahun dan dia takjub dengan hasilnya.

Iiris mengaku saat masih pakai sampo dan kondisioner organik, kepalanya jadi sangat gatal. Ia yakin rasa gatal di kulit kepala karana sampo menghilangkan minyak alami rambut. Dia akhirnya mencari-cari sendiri metode cuci rambut tanpa sampo.

"Sekarang, ketika orang-orang bertemu dan melihat saya, mereka tidak tahu saya tak pernah pakai sampo. Ketika saya memberitahu, mereka selalu terkejut dan mengatakan betapa sehat dan bersihnya rambut saya," tuturnya, seperti dikutip dari Mirror.


2. Virginia Tapscott, Tak Keramas Selama 1 Tahun

Foto: Instagram, Twitter


Virginia Tapscott asal New South Wales, Australia, memutuskan tak lagi menggunakan sampo untuk cuci rambut setelah mendapati ada kandungan kimia 'aneh' di dalam produk tersebut. Ia merasa harus menghindari bahan kimia tak hanya untuk dirinya tapi juga untuk lingkungan.

Dia pun mencoba keramas tanpa sampo dengan hanya mencuci rambut memakai air hangat dan sesekali scrubbing kulit kepala menggunakan soda bikarbonat. Setelah setahun, ia merasa rambutnya lebih mudah disisir karena kandungan minyak alami kepalanya. Cara cuci rambut tanpa keramas ini akhirnya juga diterapkan ke dua anaknya.

3. Gary Barlow, Tak Keramas Selama 14 Tahun

Foto: Getty Images


Mantan personel boyband Take That ini mengaku tidak pernah keramas selama 14 tahun. Penyanyi 46 tahun ini mengatakan ia mulai tidak memakai sampo pada 2003. Sejak itu, ia tidak pernah membeli maupun keramas.

Tidaka ada alasan khusus kenapa Gary Barlow tidak suka keramas. Tapi pada Februari 2017, untuk pertamakalinya, Gary memutuskan mencuci rambut dengan sampo.

"It's such an important day I've washed my hair ! First time in ....... 14 years ! #nojoke," tulisnya di Twitter.


4. Sakal Dev Tuddu, Tidak Keramas 40 Tahun

Foto: Instagram, Twitter


Pria asal India, Sakal Dev Tuddu, sudah 40 tahun ini ia tak pernah mencuci rambutnya sama sekali. Pria berusia 63 tahun ini menyebutnya hidayah dari Tuhan, sampai-sampai banyak tetangganya menjulukinya Mahatma Ji sebagai bentuk penghormatan.

Seperti dilansir Metro, Sakal mengklaim ia mendengar Tuhan berbicara padanya untuk tidak memotong rambutnya. Lalu ia juga 'diminta' untuk berhenti minum alkohol dan merokok untuk mengabdi kepada-Nya.

Jika diurai, rambut Sakal bisa terjulur menjadi ekor panjang di belakangnya. Oleh karena itu ia mengepangnya dan menumpuk-numpuknya di atas kepala bagaikan turban, dan menutupinya dengan kain putih saat keluar rumah untuk menjaga rambut 'suci' miliknya tetap bersih.

5. Paige Gozon, Tidak Keramas 8 Tahun

Foto: Instagram, Twitter


Seorang remaja 16 tahun bernama Paige Gozon mengaku sudah tidak keramas selama 8 tahun. Tanpa sampo, Paige membersihkan rambutnya dengan produk-produk lain yang tidak difungsikan sebagai pencuci rambut.

"Aku akan menggunakan produk generik di toko seperti bedak bayi dan dry shampoo, yang mana aku gunakan ketika blow-drying rambut yang baru dibilas jadi akar rambut tidak terlihat terlalu lepek," ungkap Paige yang menyebut dirinya sebagai 'Greasy Hair Girl' di TikTok.

Menurutnya, tidak keramas pakai sampo ada manfaatnya. Selain lebih hemat, kebiasaannya itu justru membuat rambutnya lebih sehat dan tumbuh subur.

"Rambutku tumbuh lebih cepat dibandingkan semua teman dan anggota keluarga. Aku tidak harus berurusan dengan rambut bercabang dan rambutku tidak patah seperti kebanyakan temanku," ujarnya.



Simak Video "Unik! Ada Sampo yang Terbuat dari Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)