9 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Tahan Lama

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Rabu, 22 Jan 2020 05:30 WIB
Ilustrasi tips makeup untuk kulit berminyak. Foto: iStock
Jakarta - Bagi orang yang memiliki wajah berminyak, tentu bukan hal mudah dalam memilih produk makeup yang dipakai. Sebab, wajah berminyak akan membuat makeup sulit menempel.

Wajah yang berminyak juga sering menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, makeup untuk kulit berminyak harus dipilih dan diaplikasikan dengan benar agar lebih tahan lama.

Kamu perlu tahu cara makeup untuk kulit berminyak dan berjerawat yang baik. Untuk yang penasaran, berikut step by step makeup untuk kulit berminyak yang bisa kamu ikuti.

1. Pakai Toner

Cara makeup untuk kulit berminyak yang pertama adalah memakai toner. Produk skincare ini biasa dipakai paling awal sebelum memakai produk makeup lainnya. Toner akan memastikan segala produk skincare dan makeup untuk kulit berminyak meresap dengan baik. Pilih toner yang menyegarkan, meregenerasi kulit, dan tidak membuat iritasi.

2. Gunakan Essence

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan essence pada wajah. Essence berfungsi memberikan nutrisi pada kulit. Produk skincare yang satu ini juga beragam, ada essence yang ditujukan untuk mengontrol produksi minyak dan pore control. Sehingga, essence termasuk ke dalam produk skincare atau makeup untuk kulit berminyak.

3. Jangan Lupa Pelembap

Banyak orang yang berpikir jika wajah berminyak tidak memerlukan pelembap. Padahal faktanya, pelembap diperlukan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Kondisi kulit wajah yang kering akan menghasilkan minyak berlebih dan membuat kulit wajah jadi makin berminyak. Kamu bisa pilih pelembap yang punya label oil free atau water based.

Tips makeup untuk kulit berminyakTips makeup untuk kulit berminyak Foto: iStock


4. Jangan Lewatkan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya akan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengandung UV bisa menarik air yang ada di kulit dan meningkatkan produksi minyak. Jadi, sunscreen merupakan salah satu produk wajib dalam list makeup untuk kulit berminyak.



5. Pakai Primer

Kulit berminyak membuat makeup tidak tahan lama. Primer berfungsi membuat makeup tahan lama. Sebelum melapisi wajah dengan produk makeup yang lain, aplikasikan primer terlebih dahulu. Kamu bisa memfokuskan pada area T-zone yang biasanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan bagian lain.

6. Pakai Foundation dengan Formula Ringan

Makeup untuk kulit berminyak selanjutnya yakni foundation. Pilih foundation dengan formula ringan. Untuk menutupi wajah yang berminyak dan berjerawat biasanya kamu akan menggunakan foundation yang full coverage. Namun hal itu justru akan membuat pori-pori tersumbat dan wajah akan memproduksi lebih banyak minyak. Ganti foundation dengan formula yang lebih ringan.

7. Bedak Tabur

Bedak tabur juga bisa menjadi produk makeup untuk kulit berminyak yang cukup ampuh. Bedak tabur bisa mengontrol produksi minyak. Kamu bisa gunakan dua jenis bedak untuk kulit berminyak. Pertama bedak tabur transparan sebelum menggunakan foundation agar lebih menempel. Kedua, kamu bisa menggunakan bedak tabur dengan warna sesuai tone kulit setelah menggunakan foundation.

Bedak tabur untuk makeup kulit berminyakBedak tabur untuk makeup kulit berminyak Foto: Istimewa


8. Akhiri dengan Setting Spray

Agar makeup lebih tahan lama, gunakan setting spray setelah semua makeup selesai. Setting spray berfungsi untuk mengunci makeup agar tidak luntur atau mengubah tatanan makeup. Setting spray juga bisa kamu andalkan sebagai makeup untuk kulit berminyak.



9. Gunakan Kertas Minyak Sebelum Touch Up

Saat sore hari, makeup pasti perlahan akan memudar. Sebelum melakukan touch up, kamu perlu membersihkan minyak-minyak yang ada pada wajah dengan menggunakan kertas minyak. Kertas minyak ini akan menyerap minyak yang berlebih pada wajah. Sehingga, ketika kamu touch up makeup untuk kulit berminyak, tak akan kesulitan.

Demikian tips makeup untuk kulit berminyak agar hasilnya lebih tahan lama. Kamu bisa mencoba makeup untuk kulit berminyak ini saat ke kantor ataupun ke acara casual.



Simak Video "Cantik dan Eksotis, Tips Makeup untuk Kulit Gelap Biar Nggak Belang"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)