Tasya Farasya Uji Coba Bakar Foundation Demi Makeup Awet, Ini Hasilnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 21 Jan 2020 11:06 WIB
Foto Tasya Farasya. Foto: Dok. Instagram @tasyafarasya
Jakarta - Tasya Farasya melakukan uji coba teknik makeup yang sedang viral yaitu membakar foundation atau nama lainnya teknik sosis bakar. Melalui akun Youtubenya Tasya ingin membuktikan benarkah teknik membakar foundation ini bisa membuat makeup lebih awat.

Sebelum melakoni uji coba, YouTuber dengan lebih dari 3 juta subscriber itu menjelaskan dulu dari mana asal-usul teknik makeup membakar foundation demi makeup awet itu. Dia sendiri mengetahui adanya teknik itu dari salah satu pengikutnya di Instagram.

"Ternyata yang memboomingkan Tifamakeupsyari dengan bio yang ada di Instagramnya Creator of Tehnik Sosis Bakar. Bahkan dia ada workshop tentang teknik ngebakar foundation. Berarti tidak sesimpel ynag kita bayangin," katanya dalam konten YouTube yang diunggahnya Senin (20/1/2020).

[Gambas:Youtube]


Tifamakeupsyari kata Tasya populer dengan teknik makeup bakar foundation tersebut. Makeup artist syari itu bisa membuat makeup menempel di wajah kliennya yang kulitnya bermasalah seperti mengalami pengelupasan atau terlalu licin karena memakai skincare dari dokter, dengan teknik tersebut.

Dan berdasarkan informasi dari pengiku Tasya di Instagram, selain Tifamakeup, ada juga makeup artist lainnya yang menggunakan teknik membakar foundation. Dia adala Nanathnadia. Tasya pun menghubungi sang MUA untuk mengetahui lebih lanju mengenai teknik tersebut.

"Pokoknya ada dua jenis foundation yang cream dan liquid gitu dicampur jadi satu di sendok lalu dibakar pelan-pelan aja dan tidak boleh kelamaan. Terus pas dia sudah menyatu dan lagi hangat diolesin ke muka klien. Dan Kak Nanathnadia mencoba dan berhasil. Terus katanya Kak Nanathnadia ternyata dulu pelopornya adalah Kak Anpasuha. Dan aku langsung Whats App Kak Anpasuha, langsung bertanya bagaimana cara membakar foundation ini," jelas Tasya.

Tasya Farasya Uji Coba Bakar Foundation Demi Makeup Awet, Ini HasilnyaTasya Farasya sedang melakukan test foundation. Foto: Dok. Youtube Tasya Farasya

Tasya menceritakan, dari penjelasan dari Anpasuha, dua jenis foundation dicampur kemudian dibakar agar formulanya bisa cepat menyatu. Poin dari membakar foundation ini adalah hanya agar kedua foundation yang dicampur cepat menyatu.

Beauty vlogger yang memiliki followers di Instagram lebih dari 2,8 juta itu kemudian penasaran, apakah teknik membakar foundation itu tidak akan merusak produk tersebut? Memunuhi rasa ingin tahunnya, Tasya bertanya pada salah satu perusahaan makeup terbesar di Indonesia. Jawaban dari brand makeup tersebut adalah, membakar foundation selama tidak dilakukan terlalu lama, tidak akan memengaruhi kualitas produk.

"Jadi ini salah satu kunci, d imana foundation tidak boleh lama-lama banget dibakar. Terus katanya misahnya ini tergantung kepada Viskositas (pengukuran ketahanan) foundation. Itu tidak merusak stabilitas jika langsung dipakai. Tapi yang bikin rusak itu satu botol dan foundationnya kena api baru itu merusak foundation," ungkap Tasya.

Tasya Farasya Uji Coba Bakar Foundation Demi Makeup Awet, Ini HasilnyaTasya Farasya sedang melakukan test foundation. Foto: Dok. Youtube Tasya Farasya
Berdasarkan penjelasan dari brand makeup yang dihubunginya, Tasya mengetahui saat foundation dibakar, bahan-bahan aktif yang ada di dalamnya akan menguap. Hal ini yang membuat foundation jadi lebih kering saat diaplikasikan ke wajah.

"Itulah kenapa kalau kalau keadaan muka oily dan licin itu akan jauh lebih matte," kata Tasya. Namun teknik membakar foundation ini juga memiliki kekurangan karena akan menghilangkan kandungan pelembab di dalam produk sehingga saat diaplikasikan kulit akan menjadi lebih mudah kering.

Menjelang akhir videonya, Tasya pun mencoba sendiri untuk membuktikan apakah memang benar membakar foundation bisa membuat makeup awet. Dia pun membakar dua jenis foundation. Setelahnya foundation yang sudah tercampur setelah dibakar itu dipakai di sisi kanan wajahnya, sementara sisi kiri memakai foundation yang tidak dibakar.

Tasya Farasya Uji Coba Bakar Foundation Demi Makeup Awet, Ini HasilnyaTasya Farasya sedang melakukan test foundation. Foto: Dok. Youtube Tasya Farasya

"Kiri bener-bener dewy dan coveragenya tidak berubah. Kanan lebih menyatu dan gampang di blend," ujarnya.

Setelahnya Tasya melakukan uji coba, mana dari kedua cara pemakaian foundation tersebut yang lebih awet di wajah. Dia pun mengguyurkan air ke wajahnya dan menggosok wajahnya memakai angan.

"Sebelah kanan tidak kenapa-kenapa dan blush on semua masih aman. Coba kita lap pakai tissue. Dan aman keren banget tissuenya bersih. Berarti ini bisa jadi resep baru. Makeup untuk siraman," ucapnya lagi.

Kesimpulan dari hasil uji coba membakar foundation ini menurut Tasya, dia menemukan racikan foundation baru yang bisa tahan air dan awet untuk acara seharian.

Tasya Farasya Uji Coba Bakar Foundation Demi Makeup Awet, Ini HasilnyaTasya Farasya sedang melakukan test foundation. Foto: Dok. Youtube Tasya Farasya


Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)