5 Cara Memotong Poni Sendiri di Rumah

Hestianingsih - wolipop Jumat, 17 Jan 2020 07:50 WIB
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Getty Images
Jakarta - Memotong poni sendiri bisa saja dilakukan jika kamu ingin berhemat atau terlalu malas pergi ke salon hanya untuk potong poni sedikit. Cara memotong poni sendiri tidaklah terlalu sulit, asalkan punya peralatannya, dan dilakukan dengan hati-hati.

Cara memotong poni sendiri di rumah ada beberapa langkah. Yuk, simak lima cara memotong poni sendiri agar hasilnya tidak kalah bagus dari potong poni di salon.

1. Siapkan Gunting Khusus
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Thinkstock

Memakai sembarang gunting adalah cara memotong poni sendiri yang salah. Pastikan kamu menggunakan gunting khusus potong rambut. Gunting untuk memotong rambut biasanya lebih ramping, lebih panjang dan ujungnya lebih lancip.

Menggunakan pisau dapur atau pisau kertas bisa membuat potongan poni jadi tidak rata bahkan membuat ujung rambut bercabang. Selain gunting, siapka juga cermin bergagang yang mudah dipegang.


2. Tata Rambut Terlebih Dahulu
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Thinkstock

Menurut stylist rambut langganan selebriti Matt Fugate cara memotong rambut sendiri yang mudah adalah dengan menata rambut terlebih dahulu. Rambut sebaiknya dalam keadaan kering dan sudah rapi ditata. Dengan begitu kamu bisa mendapat gambaran akan seperti apa bentukan poni ketika kamu menatanya untuk sehari-hari.

"Tata rambut dan poni seperti yang biasa kamu lakukan. Karena seperti itulah kamu akan memotong ponimu," jelas Matt, seperti dikutip dari Marie Claire.

3. Pakai Jepitan
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Thinkstock

Sebaiknya pakai jepitan untuk memisahkan untuk memisahkan antara rambut dan pon. Jepit rambut ke arah belakang di masing-masing sisi, dan sisakan poni yang akan dipotong. Dengan begini, cara memotong poni sendiri akan lebih mudah dilakukan.

4. Jangan Potong Sekaligus
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Thinkstock

Memotong poni sekaligus akan membuat potongan tidak rata dan terlihat berantakan. Mulailah lapis demi lapis. Bagi poni menjadi 2-3 lapis, lalu mulai potong dari bagian yang paling bawah. Sementara itu jepit bagian poni lainnya yang belum dipotong.

"Cara memotong poni sendiri ini juga memudahkan kamu membetulkannya jika ada salah potong," kata Matt.


5. Jangan Langsung Potong Pendek
Ilustrasi cara memotong poni sendiri di rumah. Foto: Getty Images

Kesalahan terbesar saat memotong poni sendiri adalah mengguntingnya langsung jadi pendek, dalam sekali tebas. Untuk membuat potongan poni yang halus dan natural, harus dilakukan bertahap.

Matte menyarankan cara memotong poni sendiri yang benar adalah memulainya sedikit demi sedikit. Potong poni terlebih dahulu sebatas hidung. Setelah itu potong perlahan-lahan dan tahap demi tahap sampai mencapai panjang yang kamu inginkan.

Demikian lima cara memotong poni sendiri agar hasilnya rapi, seperti potong poni di salon. Kamu mau coba cara memotong poni sendiri di rumah?

Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)