Cuka Apel untuk Mengobati Jerawat, Benarkah?

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 22:00 WIB
Manfaat cuka apel untuk kulit berjerawat. Foto: iStock
Jakarta - Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan. Cuka apel juga dapat mengurangi jerawat. Benarkah?

Cuka apel dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan dan juga mengurangi risiko kanker. Dalam dunia kecantikan, cuka apel dapat mengempiskan jerawat di wajah.


Cuka apel mengandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Sering dimanfaatkan sebagai obat jerawat, cuka apel terdiri dari kombinasi kandungan asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu Propionibacterium acnes.

Dikutip dalam Men's Health, Rajani Katta MD, asisten dosen di Fakultas Kedokteran Baylor College of Medicine mengiyakan manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat. "Asam asetat dalam cuka apel dapat bertindak memecahkan keratin yang menyumbat pori-pori wajah," ujar Katta.

Cuka apel untuk kecantikan.Cuka apel untuk kecantikan. Foto: iStock


Cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang dapat mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan menyerap minyak sehingga dapat mengeringkan sekaligus memudakan perubahan warna kulit yang tidak merata akibat bekas jerawat.

Cuka apel untuk jerawat bisa kamu coba. Akan tetapi sebelum diaplikasikan, kamu bisa mencairkan cuka apel terlebih dulu, karena cuka apel memiliki keasaman yang tinggi. Berikut ini cara mencairkan cuka apel agar aman untuk kulit:

1. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Jika memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa menambahkannya lebih banyak air.

2. Cuci muka dengan sabun muka dan keringkan.

3. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan cuka apel yang sudah dicairkan ke jerawat.

4. Diamkan selama 5-10 detik, bilas dengan air dan keringkan.

5. Ulangi prosesnya sebanyak 1-2 kali dalam sehari.


Cuka apel untuk jerawat.Cuka apel untuk jerawat. Foto: iStock


Bagaimana Kalau Memiliki Kulit Sensitif?

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki luka terbuka bekas jerawat sebaiknya jangan menggunakan cuka apel. Karena kadar pH dari 2-3, efek samping cuka apel untuk wajah bisa menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit.



Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)