5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 04 Des 2019 11:55 WIB
Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah / Foto: iStock Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah / Foto: iStock

Jakarta - Memiliki wajah yang tidak kusam alias cerah menjadi impian sebagian wanita. Untuk memiliki wajah cerah pastinya dibutuhkan tahapan skincare routine khusus. Skincare routine untuk mencerahkan wajah membutuhkan produk yang dapat mengeksfoliasi atau membantu proses pengelupasan kulit wajah. Sel-sel kulit mati yang terkelupas akan menghasilkan kulit baru sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Seperti dikutip dari Byrdie, berikut ini lima tahapan skincare routine untuk mencerahkan wajah.

1. Eksfoliasi Kulit

Untuk membuat kulit wajah yang kusam terlihat lebih cerah, maka hal utama yang bisa dilakukan dalam skincare routine adalah dengan melakukan tahap eksfoliasi kulit. Tahapan skincare routine ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk yang mengandung AHA. Kandungan AHA yang dimasukkan ke dalam skincare routine akan membantu proses pengelupasan kulit, sehingga akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan noda-noda tersamarkan. Tahapan skincare routine ini bisa dilakukan dengan eksfoliasi menggunakan bahan kimia, seperti chemical peeling ataupun menggunakan produk-produk yang memang ditujukan untuk eksfoliasi kulit wajah.

Saat kulit mati terangkat, maka kulit wajah akan terlihat lebih cerah alami. Menggunakan produk skincare routine yang mengandung AHAs atau BHAs bisa dimulai dari produk pencuci wajah. Ted Lain, dokter kulit yang berbasis di Austin menyarankan menggunakan produk SkinCeuticals Purifying Cleanser with Glycolic Acid untuk kulit yang sensitif. Produk ini mengandung 3% konsetrasi glycolic acid yang aman digunakan bagi semua jenis kulit dan glycerin untuk menjaga kelembaban kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak, Ted merekomendasikan Mario Badescu Glycolic Foaming Cleanser.
5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan WajahFoto: Produk Skincare Untuk Mencerahkan Wajah / shopee


2. Antioksidan

Produk skincare routine yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan ferulic acid dikenal dapat membuat mencerahkan kulit wajah secara alami. Produk-produk skincare routine dengan kandungan ini lebih disarankan untuk digunakan pada pagi hari sebagai serum. Produk skincare routine dengan kandungan antioksidan tidak hanya dapat mencerahkan, melainkan juga melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Dokter Ted menyarankan untuk menggunakan produk SkinCeuticals C E Ferulic Serum sebagai skincare routine. Produk tersebut bisa juga dikombinasikan dengan krim pencerah yang memiliki tekstur lembut sehingga dapat berfungsi dengan baik di bawah riasan wajah.
5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan WajahFoto: Produk Skincare Untuk Mencerahkan Wajah / shopee



3. Tabir Surya

Tabir surya adalah produk yang paling penting dan tidak bisa dihilangkan dari skincare routine di pagi hari. Tabir surya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu tabir surya juga memiliki peran penting untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah serta tidak kusam.

Naissan O. Wesley, ahli dermatologi bedah dan penasihat ilmiah di Arbonne, merekomendasikan Nivea Japan Water Gel Sunscreen. Selain karena memiliki tekstur ringan, produk skincare tersebut juga memiliki kandungan SPF yang tinggi, yaitu SPF 50.
5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan WajahFoto: Produk Skincare Untuk Mencerahkan Wajah / shopee



4. Retinol

Menurut Ted, menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol akan membuat rangkaian skincare routine untuk mencerahkan wajah menjadi lebih efektif. Produk dengan kandungan bahan retinol akan meningkatkan fungsi dari rangkaian produk skincare routine yang dipakai. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab setelahnya.

Produk skincare routine mengandung retinol yang menjadi favorit Ted adalah Skin Medica 0.5. Menurutnya produk ini tidak menimbulkan iritasi. Ada juga skincare Clark's Botanicals Retinol Rescue yang dijual seharga US$ 98 atau sekitar Rp 1,4 juta. Produk ini mengandung colloidal oatmeal yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu bisa juga menggunakan produk CeraVe Skin Renewing Night Cream.
5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan WajahFoto: Produk Skincare Untuk Mencerahkan Wajah / amazon


5. Chemical Peeling

Rangkaian skincare routine yang terakhir ini cukup efektif untuk mencerahkan kulit kusam. Chemical peeling akan membantu proses pengelupasan kulit menjadi lebih cepat. Kulit mati yang mengelupas setelah chemical peeling akan memunculkan kulit baru sehingga wajah pun tampak cerah alami. Selain itu produk skincare routine ini juga dapat mengurangi noda-noda pada wajah.

Jika ingin melakukan chemical peeling sendiri di rumah maka bisa dengan menggunakan produk BeautyRx dari Dr. Schultz. Produk ini dijual dengan harga US$ 98 atau sekitar Rp 1,4 juta. Sebagai pilihan lain, bisa juga dengan menggunakan produk skincare routine Glowbiotics Probiotic Instant Resurfacing Pads. Produk skincare routine ini mengandung 5% lactic acid dan ekstrak Kakadu plum yang dapat mencerahkan kulit.
5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan WajahFoto: Produk Skincare Untuk Mencerahkan Wajah / amazon


Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)