4 Skincare Routine yang Tepat Untuk Menghilangkan Jerawat

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 29 Nov 2019 17:24 WIB
Ilustrasi skincare routine. Foto: istock Ilustrasi skincare routine. Foto: istock

Jakarta - Kulit berjerawat membutuhkan skincare routine yang ekstra. Jika tidak dirawat dengan tepat, jerawat justru bisa menjadi semakin parah dan tak kunjung sembuh. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa menggunakan krim atau obat totol jerawat saja sudah cukup. Padahal obat-obat anti jerawat tersebut justru bisa membuat kulit wajah kering. Oleh karena itu, butuh pelembab yang tepat agar kulit tidak menjadi kering. Seperti dikutip dari Verywell Health, berikut ini empat skincare routine yang tepat untuk menghilangkan jerawat.

1. Bersihkan Dengan Lembut
4 Skincare Routine yang Tepat Untuk Menghilangkan JerawatFoto: Thinkstock
Memiliki wajah yang berjerawat memerlukan penanganan ekstra yang tepat. Wajah berjerawat perlu dibersihkan secara lembut dengan menggunakan jari tangan atau handuk yang memiliki serat lembut. Bersihkan secara merata area area kulit wajah, termasuk bagian lehermu. Jerawat membuat kulitmu menjadi sensitif, oleh sebab itu saat melakukan skincare routine tidak disarankan untuk menggunakan peralatan yang kasar atau menggosok dengan terlalu keras bagian wajah yang berjerawat.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu sudah mengunakan sabun pencuci wajah yang tepat. Kamu bisa memilih rangkaian produk skincare routine yang memang ditujukan untuk menghilangkan jerawat dan memiliki kandungan salicylic acid atau benzoil peroksida. Jika kamu sedang menggunakan perawatan dokter, maka kamu membutuhkan pembersih yang lembut dan tidak membuat kulit menjadi kering seperti ada rasa tertarik setelahnya.

Saat kamu merasa wajahmu terlalu kotor, seperti saat sehabis menggunakan makeup, lakukanlah skincare routine dengan teknik double cleansing saat malam hari. Cara ini akan membuat wajahmu bersih dari semua riasan, keringat, dan kotoran.


2. Gunakan Toner Wajah
Toner wajib ada dalam skincare routine kami karena mengandung bahan-bahan yang dapat mengurangi minyak berlebih, noda, komedo, serta membuat kulit tetap lembab. Toner atau larutan astringen dapat membantu membersihkan sisa-sisa makeup yang mungkin masih tertinggal di wajahmu. Larutan astringen sangat cocok bagi kulit berminyak. Sedangkan jika kamu memiliki kulit yang kering, pilih lah hydrating toner.

Sebelum memilih dan membeli tone, kamu juga perlu memperhatikan kandungannya. Toner dengan kandungan alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi, terutama bagi kulit yang sensitif. Selain itu alkohol juga dapat menyebabkan efek perih pada jerawatmu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggunakan toner yang tidak memiliki kandungan alkohol.

3. Gunakan Produk Anti Jerawat
4 Skincare Routine yang Tepat Untuk Menghilangkan JerawatFoto: dok. Allure
Setelah menggunakan toner, jangan lupa lanjutkan tahapan skincare routine mu menggunakan produk-produk anti jerawat, seperti krim anti jerawat atau obat totol jerawat. Produk-produk skincare routine anti jerawat ini bisa didapatkan di banyak tempat. Bisa dari dokter kulit, atau bisa juga dari apotek atau drugstore yang menjualnya. Krim atau gel anti jerawat ini akan membantu kulit melawan dan mencegah bakteri penyebab jerawat. Sebelum melanjutkan ke tahap yang selanjutnya, pastikan produk anti jerawatmu ini sudah terserap sempurna oleh kulit terlebih dahulu.


4. Gunakan Pelembab Oil-Free
Setelah menggunakan produk anti jerawat, kulit wajah bisa menjadi kering. Oleh karena itu untuk menyiasatinya, lanjutkan skincare routine mu dengan menggunakan pelembab oil-free agar kulit tetap terhidrasi. Pastikan kamu memilih pelembab yang oil-free agar kulit wajahmu tidak terasa berminyak dan lengket.

Pelembab yang bertekstur gel dan lotion lebih dianjurkan daripada yang berbentuk krim. Karena biasanya pelembab berbentu krim cenderung lebih berat di kulit wajah. Selain itu, pilihlah pelembab yang non-comedogenic.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)