Kata Dokter Kulit Soal Memakai Pasta Gigi untuk Sembuhkan Jerawat Meradang

Hestianingsih - wolipop Kamis, 28 Nov 2019 10:08 WIB
Ilustrasi pasta gigi untuk menghilangkan jerawat. Foto: iStock Ilustrasi pasta gigi untuk menghilangkan jerawat. Foto: iStock

Jakarta - Tidak sedikit orang yang percaya kalau pasta gigi bisa menghilangkan jerawat. Sejak dulu pasta gigi memang diyakini membantu mengempiskan dan mengeringkan jerawat dengan cepat. Tapi apakah cara ini benar efektif dan aman?

Dokter spesialis kulit Dr. Neal Schultz mengatakan sebaiknya kamu jauhkan pasta gigi dari kulit yang berjerawat. Bukannya sembuh, jerawat malah bisa bertambah parah bahkan menimbulkan iritasi.

"Tidak ada bahan apapun dalam pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif dibandingkan perawatan konvensional. Bahkan bisa membuat kulit terlalu kering dan terbakar," jelas Dr. Neal, seperti dikutip dari The List.

Kata Dokter Kulit Soal Memakai Pasta Gigi untuk Sembuhkan Jerawat MeradangFoto: iStock


Senada dengan Dr. Neal, dermatologist lainnya Dr. Rebecca Bart juga menyatakan pasta gigi bisa mengiritasi kulit.

"Beberapa orang percaya kalau pasta gigi bisa mengeringkan jerawat, tapi sebenarnya itu karena kulit iritasi dan menimbulkan kemerahan serta terkelupas," tuturnya.

Beberapa produk pasta gigi memang mengandung bahan yang ketika ditotolkan pada jerawat, akan memberi efek mengeringkan. Saat jerawat kering memang akan terlihat seperti sudah hilang atau pudar. Tapi yang terjadi sebenarnya adalah kulit sedang mengering.
Kata Dokter Kulit Soal Memakai Pasta Gigi untuk Sembuhkan Jerawat MeradangFoto: iStock


Jika terus menerus dipakai pada jerawat, pasta gigi akan meningkatkan sensitivitas kulit, sehingga lebih mudah iritasi dan merah-merah. Jadi saat ada jerawat yang meradang sebaiknya rawat dengan benar. Cuci muka dengan sabun atau pembersih formula lembut, gunakan pelembap dan pakai obat oles yang memang dikhususkan untuk menyembuhkan jerawat.

Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)