Ini Manfaat Bunga Calendula yang Sering Ditemukan di Skincare

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 28 Nov 2019 05:30 WIB
Manfaat bunga Marigold atau calendula. Foto: Dok. iStock Manfaat bunga Marigold atau calendula. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Bunga Marigold atau Calendula bisa jadi akrab terdengar untuk kamu yang sedang kerajingan memakai skincare. Memang bunga Marigold atau Calendula ini memiliki banyak khasiat. Sayangnya belum banyak orang tahu apa saja manfaat dari bunga Calendula yang di Indonesia banyak ditemukan di Bali.

"Ekstrak marigold itu memang sudah ada publikasi ilmiahnya kalau dia itu ada kandungan antioksidan, anti inflamasi, lalu bisa meningkatkan sistem imunitas di kulit kita terhadap infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi jamur," kata Dr. Inneke Jane Hidajat, Sp.KK, MKes., saat ditemui dalam acara N'Pure Marigold di Wyl's Kitchen, Kebayoran Baru, Jakarta, pada Rabu (27/11/2019).

Di luar negeri, bunga Marigold atau Calendula banyak digunakan sebagai campuran pelembab. Hal ini karena kandungan antioksidannya memperkuat pertahanan kulit terhadap sinar matahari dan membuat kulit tidak mudah keriput. Selain itu juga dapat menangkal radikal bebas sehingga kolagen kulit tetap terjaga.


Ini Manfaat Bunga Calendula yang Sering Ditemukan di SkincareFoto: Dok. iStock


Dokter Inneke juga mengatakan bahwa bunga Marigold atau Calendula dapat mencegah infeksi herpes dan baik bagi penderita penyakit kulit, seperti eksim. Penyakit kulit eksim bisa terjadi karena kulit tidak memiliki pertahanan yang kuat. Oleh karena itu, menggunakan ekstrak bunga Marigold dapat membuat pertahanan kulit menjadi lebih kuat.

"Terus dia ada karatenoid. Itu turunan dari vitamin A yang memang fungsinya untuk regenerasi kulit. Jadi pertukaran kulit juga lebih baik sehingga kulit tidak tampak kusam," kata Inneke.



Regenerasi kulit yang baik dapat meningkatkan peremajaan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat. Namun untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, ternyata tidak bisa dengan menggunakan bunga Marigold atau Calendula dalam bentuk utuh, melainkan melalui ekstraksi.

"Jadi sebenarnya untuk mendapatkan efek-efek tersebut itu justru harus melalui proses yang kita sebut ekstraksi," jelas Inneke.

Inneke juga menjelaskan bahwa bunga Marigold perlu diekstrak sedemikian rupa agar manfaatnya keluar. Jika dilihat dari manfaat-manfaat dan kandungannya, ekstrak bunga Marigold atau Calendula ini cocok bagi semua jenis kulit, termasuk kulit berjaerawat sekalipun karena mengandung anti inflamasi dan dapat meningkatkan sistem imunitas di kulit.





Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)