6 Kandungan Skincare yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 26 Nov 2019 13:48 WIB
Ilustrasi cara menghilangkan jerawar. Foto: iStock
Jakarta -
Banyak produk perawatan kulit yang dikhususkan bagi pemilik kulit berjerawat dijual di pasaran. Saking banyaknya, bisa membuatmu bingung harus memilih yang mana. Untuk itu sebelum membelinya, kamu perlu benar-benar memahami kandungan apa saja yang ada di dalam produk tersebut. Agar tidak salah memilih produk, berikut ini enam kandungan skincare terbaik untuk menghilangkan jerawat seperti dikutip dari Everyday Health:

1. Alpha-Hydroxy Acids (AHAs)
Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit dapat membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat. Alpha-Hydroxy Acids (AHAs) dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut. AHAs dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Kandungan ini aman dipakai di seluruh bagian wajah. Glycolic dan lactic acid juga termasuk ke dalam kelompok AHAs.

2. Benzoil Peroksida
Benzoil Peroksida adalah adalah salah satu kandungan yang terkenal paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Benzoil peroksida tidak hanya mencegah, melainkan juga mampu mengobati jerawat. Kandungan ini membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebih, dan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Kamu bisa menemukan kandungan ini dalam produk-produk anti jerawat seperti sabun muka, lotion, krim, gel, dan obat totol jerawat. Biasanya kandungan ini digunakan sebanyak 2,5 hingga 10 persen dalam suatu produk.

3. Clay
Dalam dunia kecantikan, clay juga cukup bermanfaat untuk mencegah jerawat. Clay adalah salah satu bahan yang bisa membuat kulit menjadi lebih tenang. Clay biasanya dijadikan sebagai masker untuk mengurangi peradangan, membantu menghaluskan kulit, serta mengurangi produksi minyak di wajah. Inilah mengapa kandungan ini sangat baik dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan untuk kulit berjerawat.


4. Salicylic Acid
Salicylic acid termasuk dalam beta-hydroxy acid yang efektif untuk pengelupasan kulit dan membantu menjaga agar pori-pori tetap bersih. Salicylic acid bekerja hingga ke dalam folikel rambut untuk membuat membersihkan pori dan mencegah jerawat. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan lebih bisa ditoleransi oleh kulit dibandingkan glycolic acid. Disarankan untuk mencari produk yang mengandung salicylic acid sebanyak 2% untuk pengobatan jerawat.

5. Belerang
Belerang sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat dan yang memiliki penyakit kulit seperti rosacea. Belerang dapat mengurangi kelebihan minyak dan peradangan, serta membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Sayangnya, belerang memang memiliki bau yang tidak enak. Oleh sebab itu biasanya produk-produk kecantikan mencampurkan belerang dengan bahan-bahan lain untuk mengurangi bau dari belerang.


6. Tea Tree Oil
Tea tree oil adalah salah satu bahan yang cukup populer untuk melawan jerawat. Tea tree oil memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri dan mencegah peradangan. Tea tree oil sangat cocok untuk wajah berjerawat karena dapat membantu menenangkan jerawat. 5% tea tree oil setara dengan 5% kandungan bezoil peroksida. Sayangnya, bahan ini terkadang bisa menjadi terlalu keras bagi pemilik kulit sensitif dan eczema.

Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)