Scrub Kulit Kepala Jadi Tren Perawatan Rambut Terkini

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 24 Nov 2019 07:00 WIB
Ilustrasi perawatan rambut scrub kult kepala. Foto: Thinkstock
Jakarta - Perawatan rambut yang saat ini tengah menjadi tren adalah scrub kulit kepala. Ya, tak hanya tubuh yang butuh di-scrub, kulit kepala pun butuh eksfoliasi.

Selama ini kebanyakan orang hanya fokus pada perawatan rambut saja, padahal kulit kepala pun penting untuk dipelihara. Karena kulit kepala yang bersih menjadi kunci dari rambut yang sehat.

"Menjaga kulit kepala bersih membantu rambut tumbuh kuat dan lebat," ujar David Adams, konsultan trichologist (ahli kulit kepala dan rambut), seperti dikutip dari Elle.

Adam menambahkan bahwa perawatan rambut dan kulit kepala seharusnya dibedakan. "Merawat rambut dan merawat kulit kepala adalah dua hal yang berbeda," tegasnya.



Adam menyarankan bagi mereka yang sering menata rambut dengan hairspray, sebaiknya mulailah rutinitas perawatan scrub kulit kepala. Begitu juga dengan kamu yang sering berada di luar rumah dan terpapar matahari serta polusi.

Kulit kepala yang tidak sehat karena terpapar polusi bisa memicu terjadinya kerontokan rambut yang parah. Menurut penelitian, polusi udara menghilangkan protein yang memicu pertumbuhan folikel yang bisa menyebabkan rambut rontok.

"Tim peneliti menemukan bahwa ketika sel pada kulit kepala terpapar dengan polusi udara yang ditimbulkan dari bahan bakar, protein pada sel yang bekerja untuk pertumbuhan rambut dan retensi rambut secara signifikan berkurang," ungkap kepala peneliti Hyuk Chul Kwon, seperti dikutip dari Allure.

Pakar rambut Michelle Blaisure mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa diatasi dengan perawatan scrub kulit kepala. "Rutin keramas dan menggunakan produk eksfoliasi rambut untuk membersihkan kulit kepala dari racun dan polusi," saran Blaisure.

Menggunakan scrub rambut disarankan setiap seminggu atau dua minggu sekali. Saat ini ada sejumlah produk scrub kulit kepala yang tersedia. Kamu bisa mencoba scrub kulit kepala yang dijual di Sephora, dari brand Ouai dan Christophe Robin.




Simak Video "Yuk Bikin Facial Scrub Sendiri dari Oatmeal!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/eny)