Bolehkah Memakai Sheet Mask Setiap Hari? Ini Kata Pakar

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 06 Nov 2019 11:21 WIB
Aturan Penggunaan Sheet Mask / Foto: Dok. iStock Aturan Penggunaan Sheet Mask / Foto: Dok. iStock

Jakarta - Sheet mask belakangan ini cukup populer dan banyak digunakan tidak hanya oleh wanita, melainkan juga pria. Jika kamu juga pecinta sheet mask, biasanya berapa kali kamu menggunakan sheet mask setiap harinya? Perdebatan mengenai penggunaan sheet mask ini cukup membingungkan. Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa sheet mask baik digunakan setiap hari, namun sebagian justru berpendapat sebaliknya.

Seperti dikutip dari Allure, orang-orang di Korea menggunakan sheet mask sebanyak dua kali setiap harinya. Menggunakan sheet mask setiap harinya dianggap dapat menjaga kelembutan kulit dan membuatnya tetap bersinar serta bebas jerawat.

Namun di lain sisi ada pula yang berpendapat bahwa menggunakan sheet mask setiap hari justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi sebenanarnya yang mana yang lebih baik?

"Ya, tidak apa-apa menggunakan sheet mask setiap hari selama itu bukan masker yang mengandung glycolic acid," kata Elizabeth Tanzi, pendiri dan direktur Capital Laser & Skin Care dan profesor klinis asosiasi, departemen dermatologi di George Washington Pusat Medis Universitas di Washington, DC, Amerika.


Menurut Tanzi, sheet mask yang berfungsi untuk melawan penuaan biasanya mengandung glycolic acid yang terlalu kuat dan dapat menyebabkan iritasi jika digunakan setiap hari. Debra Jaliman, dokter kulit di New York, Amerika mengungkapkan hal serupa dengan Tanzi.

Dokter Jaliman menjelaskan bahwa penggunaan sheet mask bisa ditentukan sesuai dengan kondisi kulit yang dimiliki. Jika memiliki kulit berjerawat maka tidak dianjurkan untuk menggunakan sheet mask setiap hari. Menurut dr. Jaliman, menggunakan sheet mask setiap hari pada kulit berjerawat justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bakteri tumbuh. Oleh sebab itu, Jaliman menganjurkan untuk menggunakan sheet mask hanya seminggu sekali untuk kulit berjerawat.


Sedangkan untuk kulit kulit yang tidak berjerawat, menggunakan sheet mask setiap hari dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit. Ini dapat membuat kulit terlihat menjadi lebih sehat. Menurut Ava Shamban, ahli kulit di Beverly Hills, Amerika Serikat, sheet mask juga baik bagi kulit sensitif. Karena jika dibandingkan dengan krim pelembab biasa, sheet mask memiliki lebih sedikit kandungan pengawet sehingga lebih sedikit kemungkinan untuk menimbulkan iritasi pada kulit.

Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)