Mengenal Sheet Mask, Masker dari Korea yang Mendunia

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 05 Nov 2019 07:30 WIB
Mengenal Sheet Mask / Foto: dok. Veocel Mengenal Sheet Mask / Foto: dok. Veocel

Jakarta - Sheet mask kini semakin populer di kalangan pecinta kecantikan untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit mereka. Beberapa selebriti dunia juga pernah terlihat menggunakan sheet mask. Namun apakah sebenarnya kamu sudah benar-benar mengetahui dengan jelas apa itu sheet mask? Yuk mengenal sheet mask, masker dari Korea yang kini mendunia.

Apa Itu Sheet Mask?

Sesuai dengan namanya, sheet mask adalah masker tisu untuk wajah yang memiliki lubang pada bagian mata, mulut, dan hidung. Sheet mask terbuat dari serat, kapas, selulosa, atau bubur kelapa. Sheet mask hadir dengan cairan dari bahan-bahan yang dapat membuat kulit wajah lebih segar, lembab, dan sehat.

Awalnya, sheet mask berasal dari Jepang dan Korea Selatan. Dua negara yang terkenal akan kosmetik dan perawatan kecantikan itu telah memberi dampak yang cukup besar dalam industri kecantikan. Sheet mask pun sukses mendunia. Berdasarkan riset yang dilakukan NPD Group, penjualan sheet mask di Amerika Serikat meningkat hingga 60% seiring semakin populernya masker tisu tersebut.

Sheet mask banyak dipilih karena dapat membuat kulit menjadi lebih tenang. Sheet mask berfungi untuk mengunci kandungan-kandungan baik yang ada dalam kulit.

Menurut Asisten dokter Laura Dyer di Dr. Amy Wechsler Dermatology, sheet mask dapat mencegah penguapan kandungan-kandungan yang bermanfaat pada kulit wajah. Ahli kulit Victoria Beckham, Dr. Harold Lancer juga menjelaskan bahwa sheet mask atau masker tisu dapat memaksimalkan perawatan kulit.


Kandungan Apa yang Ada Dalam Sheet Mask?

Sama seperti tubuh manusia, kandungan utama dalam sheet mask adalah air. Menurut Alicia Yoon, CEO merek kecantikan Korea yang menggunakan bahan alami, Peach & Lily, air adalah bahan pembawa dan pelengkap dalam kulit. Yoon juga menjelaskan bahwa kebanyakan sheet mask menggunakan ekstrak botani dan bahan-bahan lain yang bersifat hidrofilik yang dicampurkan dengan air. Tak hanya itu, menggunakan air sebagai bahan utama juga dapat membantu produk agar dapat lebih efektif bekerja dan menyerap pada kulit.

Bahan-bahan yang berakhiran -ol (butilen glikol dan dipropilen glikol) juga banyak ditemukan dalam sheet mask. Butilen glikol adalah alkohol organik paling lembut yang berfungsi untuk mengkondisikan kulit dan merupakan humektan. Humektan adalah salah satu bahan yang berfungsi untuk menjaga kelembaban. Tak hanya itu, butilen glikol juga dapat membantu membuat tekstur sheet mask menjadi lebih ringan dan tidak terlalu lengket, menjadi pelarut formula, dan mencegah kandungan-kandungan pada masker mengering.

Sheet mask juga biasanya mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau peptida. Bahan-bahan ini berfungsi sebagai kandungan utama selain air. Asam hialuronat yang sejatinya adalah zat alami di dalam tubuh berfungsi mengikat lebih banyak air di dalam sel supaya kulit lebih kenyal, lembap, dan segar. Sedangkan peptida adalah komponen protein yang terdiri atas 3-20 asam amino. Protein kecil dan molekul aktif ini bisa ditemukan di dalam kolagen.


Apa Manfaat Sheet Mask?

Seperti dikutip dari The Cut, Dr. Lancer menjelaskan bahwa sheet mask sangat baik untuk membuat kulit beristirahat setelah seharian terpapar makeup atau sinar matahari. Dengan kandungan bahan-bahan yang dapat melembabkan, mencerahkan, dan anti penuaan, sheet mask bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal, cerah, dan bercahaya. Hanya dalam waktu pemakaian sheet mask yang singkat, yaitu 10 hingga 12 menit kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.

Alicia Yoon, CEO merek kecantikan Korea yang menggunakan bahan alami, Peach & Lily, menambahkan, sheet mask bisa membuat kulit lebih lembab dengan cepat. "Saat kulit dehidrasi artinya pelindung kulit menjadi lebih rentan (terkena masalah-red) dan kurang ideal untuk kondisi kulit itu sendiri. Hal ini lah yang umumnya menyebabkan terjadinya peradangan, penurunan jumlah kolagen, mudah berjerawat dan lebih banyak hiperpigmentasi. Sheet mask bisa dengan cepat mengembalikan kelembaban kulit itu," jelasnya.

Simak Video "Tips Tampil Flawless ala Drew Barrymore"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)