Apakah Body Lotion Boleh Digunakan Untuk Wajah? Ini Kata Pakar Kulit

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 02 Nov 2019 14:19 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Pelembap adalah hal yang sangat penting bagi kulit, terutama bagi kulit kering. Demi Moore bahkan menggunakan 3 krim wajah yang berbeda setiap malamnya untuk menjaga kelembapan kulitnya. Soal produk pelembap, apakah boleh pelembap badan atau body lotion digunakan untuk wajah?

Jawabannya adalah tidak. Perlu diketahui bahwa kulit pada badan dan wajah memiliki perbedaan, sehingga tidak disarankan menggunakan body lotion untuk kulit wajah.



Menurut pakar kulit di Amerika, Shari Lipner, kulit pada bagian wajah lebih tipis daripada bagian kulit lainnya. Bagian di sekitar mata adalah yang tertipis. Dilansir dari Healthline, kulit wajah mengandung kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk memproduksi minyak yang jumlahnya berubah-ubah, tergantung pada perubahan hormon dan kondisi lingkungan.

Karena bagian wajah memiliki kelenjar yang berubah-ubah, itu membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif. Selain itu juga karena wajah lebih sering terpapar elemen-elemen dari luar, seperti matahari dan sinar UV yang berbahaya.

Sementara, body lotion lebih diformulasikan untuk mengatasi masalah seperti selulit dan spider veins. Sedangkan menurut ahli kimia kosmetik, Ginger King, pelembab wajah atau moisturizer lebih difokuskan untuk masalah pori-pori, noda-noda hitam, kulit berminyak, keriput, dan garis-garis halus.

Selain itu, King juga mengatakan bahwa pelembap yang diformulasikan untuk tubuh biasanya memiliki kandungan emmollient yang lebih tebal. Fungsinya untuk lebih melindungi dan melembapkan kulit. Bahan yang ada dalam body lotion, seperti butter dan minyak, dinilai terlalu berat jika digunakan pada wajah. Beberapa body lotion juga mengandung pewangi yang dapat berdampak negatif bagi kulit wajah, terutama kulit wajah yang sensitif.



Moisturizer sendiri memiliki bahan-bahan aktif yang lebih khusus dan biasanya menggunakan formulasi eksklusif yang mahal, seperti ekstrak licorice. Kandungan ini dapat membantu produksi kolagen pada kulit wajah.

Menurut King, jika dalam keadaan terdesak dan perlu menggunakan body lotion untuk wajah, maka kamu bisa menggunakannya dalam jumlah sedikit dan tidak sering. Menggunakan body lotion di wajah untuk jangka waktu yang panjang bisa berdampak munculnya milia, komedo putih, dan beruntusan pada wajah. Bagi mereka yang berjerawat dan memiliki kulit sensitif, sangat tidak disarankan menggunakan body lotion di wajah.




Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/kik)