Sosok Martha Tilaar yang Ditinggal Mendiang Sang Suami

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 14:36 WIB
Sosok Martha Tilaar yang Ditinggal Mendiang Sang Suami. Foto: Instagram @wulan_tilaar Sosok Martha Tilaar yang Ditinggal Mendiang Sang Suami. Foto: Instagram @wulan_tilaar

Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga Martha Tilaar Group. Suami Martha Tilaar, Henry Alexis Rudolf Tilaar (H.A.R Tilaar) meninggal dunia pada Rabu (30/10/2019) pukul 10.48 WIB.

Pria yang kerap disapa Alex Tilaar ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 87 tahun. Kabar ini disampaikan lewat akun Instagram resmi Martha Tilaar Group, @martha_tilaar.



Putra bungsu Martha Tilaar, Kilala Tilaar, mengungkapkan kesedihan ibunya yang telah ditinggal ayahnya selamanya, apalagi keduanya telah bersama selama 60 tahun. Tapi Kilala mengatakan ibunya akan tetap tabah.

Berikut profil dan sosok Martha Tilaar yang dirangkum Wolipop:

1. Berusia 82 Tahun

Martha Tilaar lahir dengan nama Martha Handana di Kebumen, Jawa Tengah pada 4 September 1937. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Saat kecil, Martha merupakan sosok yang tomboy dan enggan merawat dirinya. Ibunya akhirnya menitipkan Martha ke ahli kecantikan tradisional di Yogyakarta yang mengajari Martha untuk bersolek.

2. Kuliah di Amerika Serikat

Setelah meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Jakarta, Martha sempat mengajar selama beberapa tahun. Ia kemudian mengikuti suaminya, Alex Tilaar, yang berkuliah di Amerika Serikat.

Martha kemudian belajar tentang kecantikan di Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS. Ia juga sempat bekerja selama tiga tahun di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana.

3. Buka Salon Pertama

Selama di Amerika Serikat, Martha juga membuka salon kecantikan kecil-kecilan yang menargetkan penghuni kampus dan juga mahasiswa Indonesia. Pada tahun 1969, ia kembali ke Jakarta dan membuka salon kecil di garasi rumah milik ayahnya.

Dengan modal Rp 1 juta, pada awal tahun 1970 Martha membuka salon yang dinamakan Martha's Salon. Dua tahun kemudian, ia membuka salon kedua di daerah Cipete, Jakarta Selatan dan mulai menggunakan merek dagang Sariayu Martha Tilaar.

4. Dirikan PT Martina Berto

Pada tahun 1977, Martha Tilaar bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady untuk mendirikan perusahaan kosmetik dan jamu bernama PT Martina Berto. Perusahaan ini meluncurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai peroduk pertama.

Sepanjang tahun 1988-1995, PT Martina Berto berhasil mengakuisisi sejumlah perusahaan, sebut saja PT Kurnia Harapan Raya, PT Cedefindo, PT Estrella Lab dan lain-lain.

Berkat riset dan penelitian di Martha Tilaar's Innovation Center, Martha sukses memproduksi merek kosmetik, perawatan tubuh, spa dan jamu. Beberapa merek yang berada di bawah Martha Tilaar Group antara lain Sariayu, Caring, Biokos, Jamu Garden, Professional Artist Cosmetic (PAC), dan Dewi Sri Spa.



5. Kegiatan Sosial

Sebagai bentuk pemberdayaan perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Yayasan ini mengajarkan wanita dan ibu-ibu tentang keterampilan kecantikan yang bisa manfaatkan sebagai skill untuk bekerja.

Selain itu, Martha juga tidak lupa akan tanah kelahirannya di Gombong, Kebumen. Pada tahun 2014, Martha mendirikan Roemah Martha Tilaar yang dijadikan pusat studi, kebudayaan dan pemberdayaan wanita. Lokasi Roemah Martha Tilaar sendiri bertempat di rumah masa kecil Martha yang direnovasi.

6. Kehidupan Pribadi

Martha Tilaar bertemu dengan Alex Tilaar saat menempuh pendidikan sarjana di IKIP Jakarta. Saat itu status Martha adalah mahasiswa dan Alex merupakan dosennya.

Keduanya kemudian menikah pada 1964. Sempat divonis mandul, Martha melahirkan anak pertamanya di usia 42 tahun. Saat ini ia memiliki empat orang anak yaitu Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar dan Kilala Tilaar.

7. Ditinggal Sang Suami

Suami Martha Tilaar, Henry Alexis Rudolf Tilaar (H.A.R Tilaar) meninggal dunia pada Rabu (30/10/2019) pukul 10.48 WIB. Pria yang kerap disapa Alex ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 87 tahun.

Kabar ini disampaikan lewat akun Instagram resmi Martha Tilaar Group, @martha_tilaar.

"Keluarga besar Martha Tilaar Group berduka cita yang mendalam atas wafatnya Prof. H.A.R. Tilaar (suami tercinta Dr. Martha Tilaar). Selamat jalan Prof.Alex Tilaar, berjuta ilmu telah engkau bagikan, pergilah dalam damai ke tempat mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa," demikian pernyataan yang tertulis di akun Instagram Martha Tilaar.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)