8 Masker untuk Jerawat yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Virgina Maulita Putri - wolipop Sabtu, 26 Okt 2019 08:37 WIB
8 Masker untuk Jerawat yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang pernah bermasalah dengan jerawat. Tidak hanya di usia remaja, orang yang sudah dewasa pun masih harus berjuang melawan jerawat dewasa (adult acne).

Jerawat memang bukan sesuatu yang membahayakan. Tapi kehadirannya di wajah bisa merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Perempuan yang tidak percaya diri karena jerawat dan bruntusan pun akhirnya memilih untuk menutup jerawat dengan makeup yang tebal.



Untuk mengatasi dan mencegah jerawat ada banyak cara, termasuk menggunakan masker. Saat ini sudah banyak pilihan masker untuk jerawat yang tersedia di drugstore baik dari merek lokal maupun asing.

Tapi bagaimana kalau ingin mencari masker yang berbahan alami? Berikut adalah rangkaian resep masker untuk jerawat yang berbahan dasar alami yang dirangkum Wolipop:

1. Masker Kunyit dan Madu

Campur setengah sendok teh kunyit dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat.

Masker ini memiliki kekuatan antibakteri yang bisa menenangkan kulit dan mencegah datangnya jerawat di kemudian hari.

2. Masker Tanah Liat dan Tea Tree Oil

Gunakan masker lumpur bentonite dan campurkan dua tetes tea tree oil ke dalamnya. Oleskan campuran ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit (jangan lebih dari 30 menit) kemudian bilas hingga bersih.

3. Masker Witch Hazel

Witch hazel merupakan astringent natural yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Untuk membuat masker organik untuk jerawat, campurkan witch hazel dengan air mawar untuk membuat adonan masker tanah liat bentonite.

Oleskan adonan masker ke wajah, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

4. Masker Lidah Buaya dan Kunyit

Cara membuat masker untuk jerawat bruntusan adalah dengan mencampur gel lidah buaya dengan kunyit. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit.

Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan kulit dan jerawat yang meradang.



5. Masker Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan dan memiliki kekuatan anti-peradangan. Oatmeal juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E yang bagus untuk kulit.

Untuk membuat maskernya rebus oatmeal dengan water, sama seperti cara membuat oatmeal untuk sarapan. Tunggu hingga oatmeal menjadi dingin kemudian oleskan ke wajah. Tunggu selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih.

6. Masker Madu dan Susu

Bahan alami lainnya yang ampuh menghilangkan jerawat adalah madu, susu dan pala bubuk. Resep masker ini merupakan masker andalan yang biasa digunakan Huda Kattan, pendiri Huda Beauty, untuk melawan jerawat lho.

Caranya campurkan satu sendok makan madu, satu sendok makan pala bubuk dan dua sendok teh susu sapi. Oleskan masker di wajah menggunakan brush kemudian diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan menggunakan kain muslin atau bilas wajah dengan air hangat.

7. Masker Mentimun

Buat masker dengan cara mencampur satu buah mentimun kecil dan satu mangkuk oatmeal. Campurkan satu sendok teh campuran ini dengan satu sendok teh yogurt dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

8. Masker Lemon dan Putih Telur

Masker untuk jerawat lainnya bisa dibuat dengan mencampur air perasan dari setengah buah lemon dengan satu putih telur yang telah dikocok. Oleskan masker ke wajah dan diamkan semalam ketika tidur.

Pagi harinya, bilas masker ini dengan air hangat. Pastikan campuran telur mentah ini tidak mengenai mulut dan mata.

Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)