9 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 25 Okt 2019 05:22 WIB
9 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Foto: iStock
Jakarta - Kunyit sudah umum digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah kelezatan masakan. Tanaman rempah ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Bahkan, kunyit sekarang sudah sering digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Rempah yang identik dengan warna kuning ini juga sering menjadi produk skincare alternatif yang alami.



Salah satu cara memanfaatkan kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan membuat masker kunyit. Masker kunyit tidak memiliki efek samping negatif terhadap kulit, tapi sebaiknya lakukan patch test di kulit sebelum menggunakan skincare dengan bahan baru.

Berikut 9 manfaat masker kunyit serta resepnya untuk berbagai jenis kulit yang dirangkum Wolipop:

1. Meredakan Peradangan

Masker kunyit bisa meredakan kulit yang meradang. Hal ini dikarenakan kandungan curcumin dalam kunyit yang bisa meredakan peradangan di arthritis sekaligus peradangan di kulit.

2. Bersifat Antibakteri

Masker kunyit juga bisa mengatasi dan mencegah bakteri di kulit yang bisa berujung pada jerawat bernanah dan infeksi staph.

3. Lawan Jerawat

Karena potensi anti-peradangannya, masker kunyit juga bisa mengatasi jerawat yang sudah meradang seperti jerawat bernanah, nodul, pustula dan papula.

Masker kunyit untuk jerawat bisa dibuat dengan mencampurkan kunyit, madu dan air hangat. Oleskan campuran tersebut di wajah. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan perawatan kulit kalian.

9 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit9 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Foto: Istimewa


4. Kekuatan Antioksidan

Kunyit mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel sehat. Ini bisa mencegah gejala hiperpigmentasi, bekas luka dan masalah kulit jangka panjang lainnya.

Cara memanfaatkan kekuatan antioksidan kunyit adalah dengan mencampurkan kunyit dan air serta sedikit tepung beras untuk mengentalkan. Oleskan campuran di wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan skin care kalian.

5. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah warna kulit wajah yang tidak merata. Jadi ada bagian wajah yang berwarna lebih gelap dibanding bagian lain di sekitarnya.

Masker kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengurangi hiperpigmentasi di wajah dan membuat warna kulit jadi lebih merata.

6. Melawan Kulit Iritasi

Masker kunyit bisa mengatasi kulit yang iritasi. Bahkan curcumin yang dikandung kunyit bisa mengurangi iritasi yang muncul dari perawatan kanker payudara.

Untuk mengatasi kulit iritasi kalian bisa membuat masker kunyit dan gel lidah buaya yang memiliki efek menenangkan. Oleskan campuran tersebut di wajah dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat.



7. Mencegah Keriput

Kunyit bisa digunakan untuk mengatasi garis-garis halus dan keriput di wajah. Masker kunyit bisa meningkatkan penampilan tekstur kulit sehingga membuat keriput tidak terlihat.

Masker kunyit, lemon dan yogurt bisa digunakan untuk mencegah keriput. Campurkan bahan tersebut dan oleskan di wajah. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan skin care kalian.

8. Membuat Wajah Glowing

Masker kunyit bisa membuat kulit kalian lebih glowing dan bersinar berkat kekuatan antioksidan dan anti-peradangan.

Caranya campurkan kunyit, yogurt dan madu, setelah itu oleskan di wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

9. Mengurangi Bekas Jerawat

Manfaat masker kunyit lainnya adalah mengurangi bekas luka akibat jerawat. Kekuatan anti-peradangan kunyit juga bisa menargetkan pori-pori dan menenangkan kulit. Kombinasi ini bisa membantu membersihkan wajah kalian setelah serangan jerawat yang membandel. (vmp/eny)