5 Resep Masker Madu untuk Semua Jenis Kulit

Virgina Maulita Putri - wolipop Sabtu, 19 Okt 2019 10:33 WIB
5 Resep Masker Madu untuk Semua Jenis Kulit Foto: Thinkstock 5 Resep Masker Madu untuk Semua Jenis Kulit Foto: Thinkstock

Jakarta - Madu murni tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan kulit wajah. Bahan makanan yang dikenal dengan konsistensi kental dan lengket ini memiliki banyak kemampuan menyembuhkan yang bagus untuk berbagai jenis kulit.

Madu memiliki kemampuan melawan bakteri di kulit, sehingga cocok untuk melawan jerawat. Madu juga bisa menjadi eksfoliator alami yang bisa menghilangkan sel kulit mati agar diganti dengan sel baru yang lebih sehat.



Cara memanfaatkan madu untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah tentu dengan membuat masker madu. Berikut adalah 5 olahan masker madu yang cocok untuk semua jenis kulit seperti dirangkum Wolipop:

1. Masker Madu untuk Jerawat

Bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat bisa mencoba masker madu yang dikombinasikan dengan kayu manis bubuk dan lemon. Caranya campur 1 sendok teh air perasan lemon, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk ke dalam mangkuk kecil.

Aduk hingga semua campuran menyatu jadi adonan masker dan oleskan di seluruh wajah dan leher. Hindari area mata dan jangan gosokkan di wajah karena bisa membuat kulit perih.

Diamkan masker di wajah selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian dengan air dingin.

2. Masker Madu untuk Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak bisa menggunakan masker madu yang dikombinasikan dengan Bentonite clay dan cuka apel. Caranya campurkan ketiga bahan tersebut, masing-masing 1 sendok teh ke dalam mangkuk.

Aduk hingga konsistensi campuran menjadi seperti pasta kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit, bilas masker madu dengan air hangat, kemudian lanjutkan dengan air dingin.

3. Masker Madu untuk Kulit Kering

Madu sebenarnya sudah cukup melembabkan untuk kulit kering, tapi bisa jadi lebih 'nendang' dengan bantuan alpukat. Selain itu, campuran almond bubuk bisa menjadi eksfoliator lembut agar kulit menjadi lebih halus.

Caranya campurkan 2 sendok makan madu, 1/4 alpukat yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan almond bubuk ke dalam mangkuk kecil. Oleskan di seluruh wajah dan setelah didiamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat.



4. Masker Madu untuk Kulit Sensitif

Untuk kulit yang sensitif dan kemerahan bisa menggunakan kombinasi masker madu dengan bubuk matcha. Caranya campurkan 1 sendok teh bubuk matcha, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak jojoba.

Campur semua bahan ke dalam mangkuk kecil dan aduk. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Oh ya, jika kalian tidak bunya bubuk matcha bisa gunakan teh hijau yang dikemas dalam kantung. Buka kantung tehnya dan gunakan daun teh yang ada.

5. Masker Madu untuk Memutihkan Wajah

Masker madu bisa digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan wajah. Masker ini cocok untuk kalian yang kulit wajahnya tidak merata atau memiliki bekas jerawat.

Untuk mencerahkan kulit, kalian bisa menggunakan kombinasi masker madu dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang ampuh untuk mencerahkan wajah serta memudarkan bekas jerawat.

Caranya campurkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 1 sendok makan madu dalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata dan oleskan campuran tersebut ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)