7 Cara Mandi yang Baik dan Benar Menurut Pakar Kecantikan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 18 Okt 2019 07:59 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Dilakukan setiap hari, mandi dianggap kebiasaan sepele yang jarang dipikirkan baik dan benarnya. Bagi kebanyakan orang, yang penting adalah mereka terlihat bersih dan wangi. Setiap individu memang punya caranya sendiri untuk membersihkan dan mempercantik tubuh. Namun menurut pakar, ada cara-cara mandi tertentu yang lebih efektif untuk tubuh serta rambut. Berikut tujuh di antaranya.

1. Temperatur yang Benar

Foto: iStock

Salah satu cara mandi yang benar adalah dengan menggunakan air bertemperatur tepat. Disarankan stylist dan pakar kecantikan Elizabeth Tanzi, sebaiknya mandi dengan air yang suam. Hindari air mandi terlalu panas karena akan menyebabkan kulit kering.


2. Sisiran Sebelum Mandi
Foto: Thinkstock

Banyak orang yang sisiran setelah mandi. Tapi hal tersebut kurang disarankan apalagi setelah keramas karena bisa menyebabkan rambut lebih rontok ketika keadaannya basah. Dianjurkan untuk menyisir sebelum mandi lalu baru keramas agar rambut tak semakin kusut dan rontok setelah dicuci. Setelah mandi, Anda bisa menyisir lagi dengan pelan-pelan.

3. Keramas Pelan-pelan
Foto: Thinkstock

Banyak orang yang asal dan buru-buru saat keramas. Padahal disarankan untuk memijatkan produk dengan merata karena jika tidak bisa membuat kulit kepala kurang sehat. Terutama jika Anda punya rambut panjang jangan lupakan bagian bawah dekat leher karena bisa jadi di situlah tempat paling berminyak.

"Teruslah menggosok (bagian itu) 30 sampai 60 detik sebelum dibilas," kata stylist dan pakar kecantikan Edward Tricomi kepada Allure.

4. Kondisioner Jangan Lama-lama
Foto: iStock

Meski tak digunakan semua orang, kondisioner menjadi produk penting terlebih bagi pemilik rambut panjang. Banyak yang menganggap jika mendiamkan kondisioner lebih lama akan semakin menutrisi rambut. Tapi itu tak selalu efektif.

"Efek kondisioner memang instan karena ketika melakukan langkah itu rambut sudah melebar karena molekul air jadi kondisioner tidak bisa masuk lebih dalam," kata Edwar.

5. Jaga Peralatan Mandi Sendiri
Foto: Thinkstock

Jika bisa hindari terlalu banyak berbagi alat mandi. Memakai sabun batangan yang sama dengan keluarga tidak masalah jika harus dilakukan tapi hindari berbagi spons mandi. Benda itu bisa menyimpan banyak bakteri, kuman, jamur dari orang lain.


6. Cuci Muka dengan Suhu Hangat dan Dingin
Foto: Thinkstock

Disarankan untuk cuci muka dengan air hangat dulu agar produk bisa masuk ke kulit lebih baik. Ini juga dapat jadi salah satu cara mencegah jerawat. Sebelum keluar kamar mandi Anda bisa membilas wajah lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori supaya bakteri tidak masuk.

7. Langsung Pakai Pelembap
Foto: Thinkstock

Pemakaian pelembap dianjurkan setelah selesai mandi bahkan ketika tubuh masih sedikit basah atau lembap. Cara ini membantu kulit mengunci kelembapak dan mendapat formula terbaik.



Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/hst)