11 Cara Melembutkan Rambut Agar Halus dan Mudah Diatur

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 17 Okt 2019 05:34 WIB
11 Cara Melembutkan Rambut Agar Halus dan Mudah Diatur Foto: shutterstock 11 Cara Melembutkan Rambut Agar Halus dan Mudah Diatur Foto: shutterstock

Jakarta - Rambut yang lembut dan halus merupakan idaman banyak wanita. Tapi kadang beberapa faktor - seperti penuaan, gaya hidup dan cara merawat yang buruk - bisa merusak penampilan rambut.

Apalagi seiring berjalannya waktu produksi minyak alami yang bisa melembabkan rambut akan semakin menipis. Akibatnya rambut kalian menjadi kering, kasar dan mudah patah.



Tapi jangan khawatir karena ada banyak cara untuk membuat rambut menjadi halus dan lembut. Berikut 11 cara melembutkan rambut agar halus dan mudah diatur seperti dirangkum Wolipop:

1. Minyak Kelapa

Cara melembutkan rambut yang umum dilakukan adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa. Caranya, hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa (sesuaikan dengan panjang rambut kalian).

Pijatkan minyak di kulit kepala selama 15 menit dan perlahan usapkan ke seluruh rambut. Diamkan minyak di kelapa selama 30 menit dan selimuti rambut kalian dengan handuk panas. Setelah itu keramas menggunakan shampoo dan kondisioner pilihan kalian.

2. Minyak Argan

Minyak argan dikenal memiliki kemampuan melembabkan yang tinggi. Saat ini sudah ada banyak produk rambut yang mengandung minyak argan, tapi bagi kalian yang memiliki rambut kaku, kering dan kasar bisa menggunakan minyak argan murni.

Caranya gunakan sedikit argan oil dan usapkan langsung di rambut secara tipis dan merata. Setelah itu keramas menggunakan shampoo dan kondisioner pilihan kalian.

3. Minyak Zaitun

Minyak lainnya yang cocok untuk melembutkan rambut adalah minyak zaitun. Cara penggunaannya pun sama dengan minyak argan di atas.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Cara melembutkan rambut dengan lidah buaya adalah dengan membuat perawatan leave-on.

Caranya iris lidah buaya dan ambil dua sendok makan gel lidah buaya. Aduk gel ini hingga teksturnya menjadi halus. Setelah itu tambahkan dua sendok makan air ke dalam campuran gel dan aduk hingga merata.

Taruh campuran ini di dalam botol semprot dan kocok hingga merata. Semprotkan cairan lidah buaya langsung ke rambut setelah dicuci dan dikeringkan. Diamkan dan jangan dibilas, sama seperti hair spray.

5. Bentonite Clay

Bentonite clay tidak hanya bagus untuk kulit tapi juga untuk melembutkan rambut kaku. Caranya campurkan bentonite clay dengan air atau cuka apel hingga menjadi pasta yang kental. Setelah itu gunakan seperti masker rambut pada umumnya.

Cara Melembutkan Rambut Agar Mudah DiaturCara Melembutkan Rambut Agar Mudah Diatur Foto: Thinkstock


6. Jangan Keramas dengan Air Panas

Air panas bisa membuat rambut terlihat kering dan kusam karena melunturkan minyak alami rambut. Bilas rambut kalian menggunakan air hangat atau air dingin saja.

7. Keramas Seperlunya

Jangan keramas setiap hari karena bisa mengurangi produksi minyak alami di kulit kepala. Keramaslah sesuai jenis rambut kalian, rambut yang sangat kering bisa keramas seminggu sekali, sedangkan orang dengan kulit kepala berminyak bisa keramas tiap dua hari.

8. Jangan Lupa Kondisioner

Cara melembutkan rambut kasar lainnya adalah setelah keramas, jangan lupakan kondisioner. Kalian juga bisa melakukan deep conditioning seminggu sekali menggunakan masker rambut.



9. Keringkan Rambut dengan Angin

Setelah keramas, keringkan rambut kalian dengan cara diangin-anginkan dan jangan bergantung pada blow dryer. Karena blow dryer bisa membuat rambut menjadi kering dan ujungnya menjadi bercabang.

10. Potong Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah helai rambut yang sudah kehilangan kelembapan. Kerusakan ini bisa menyebar ke seluruh bagian rambut jika tidak dipotong secara rutin.

11. Banyak Minum Air

Cara melembutkan rambut terakhir yang bisa kalian coba adalah dengan meminum banyak air. Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut membutuhkan air untuk terus terlihat sehat, lembab dan halus. Minum 4-5 gelas air setiap harinya. (vmp/erd)