11 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 11 Okt 2019 18:42 WIB
11 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat Foto: iStock 11 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat Foto: iStock

Jakarta - Memiliki rambut yang sehat dan lebat merupakan impian semua orang. Tapi tidak semua orang diberkati dengan rambut yang berpenampilan sempurna.

Apalagi jika kesalahan saat merawat rambut membuat rambut kalian menjadi mudah rontok hingga menyebabkan kebotakan. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kepercayaan diri.



Tapi tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. Cara-cara ini bisa dilakukan jika kalian ingin menumbuhkan kembali rambut yang rontok atau jika ingin meningkatkan kesehatan rambut secara umum.

Berikut adalah 11 cara menumbuhkan rambut secara alami dan cepat seperti dirangkum Wolipop:

1. Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala secara rutin bisa menstimulasi kulit kepala dan meningkatkan ketebalan rambut. Pijat ini bisa kalian kombinasikan dengan minyak atau masker rambut khusus yang menargetkan pertumbuhan rambut.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama menjadi obat alami untuk menumbuhkan rambut. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bisa menenangkan kulit kepala dan melembabkan rambut.

Kalian bisa gunakan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala beberapa kali seminggu. Kalian juga bisa menggunakan shampoo atau kondisioner yang mengandung lidah buaya.

3. Minyak Kemiri

Kemiri dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Sebut saja menguatkan akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut hitam berkilau.

Untuk membuat minyak kemiri caranya dengan haluskan beberapa biji kemiri lalu panggang hingga mengeluarkan minyak. Oleskan minyak ini ke kulit kepala dan rambut hingga rata. Lakukan perawatan ini sebelum tidur dan bilas rambut di pagi harinya.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki asam lemak yang bisa menembus rambut dan mencegah berkurangnya protein di rambut. Kalian bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat kulit kepala, diamkan selama beberapa saat dan bilas.

5. Konsumsi Ikan

Ikan dengan kandungan lemak tinggi seperti salmon, herring dan mackerel mengandung nutrisi yang bisa mendorong pertumbuhan rambut dengan cepat. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk pertumbuhan rambut.

Cara Menumbuhkan Rambut dengan AlamiCara Menumbuhkan Rambut dengan Alami Foto: iStock


6. Lemon

Air perasan lemon bisa mendorong pertumbuhan rambut. Caranya, usapkan air perasan lemon ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas.

7. Ginseng

Ginseng telah lama dikenal sebagai bahan alami yang bisa menguatkan dan menumbuhkan rambut. Hal ini dikarenakan adanya komponen ginsenosides yang memiliki efek positif terhadap kesehatan rambut.

8. Potong Rambut Teratur

Memotong ujung rambut secara teratur justru berguna dalam menumbuhkan rambut. Karena rambut yang tidak rajin dipotong akan bercabang dan cabang ini akan menjalar hingga ke akar sehingga menyebabkan kerontokan.



9. Konsumsi Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak dan vitamin E yang cocok untuk menumbuhkan rambut. Vitamin E juga bisa melindungi kulit kepala dari stres dan kerusakan karena kulit kepala yang rusak akan berujung pada kualitas rambut yang memburuk.

10. Essential Oil

Jika memiliki rambut-rambut halus di jidat yang ingin ditumbuhkan hingga panjang, kalian bisa gunakan essential oil seperti minyak jarak, minyak almond atau minyak zaitun.

Caranya pijat kulit kepala menggunakan essential oil pilihanmu selama 5-10 menit. Lakukan pijat ini dengan kepala menunduk agar rambut kalian jatuh ke depan untuk hasil terbaik.

11. Hindari Sisir Plastik atau Metal

Menyisir rambut merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut. Tapi kalian harus fokus untuk menyebarkan minyak alami yang ada di rambut untuk melembabkan.

Agar lebih efektif, gunakan sisir yang giginya terbuat dari bahan alami seperti bambu atau kayu. Hindari penggunaan sisir yang giginya terbuat dari metal atau plastik.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)