Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 10 Okt 2019 17:10 WIB
Cara mengatasi jerawat batu. Foto: iStock Cara mengatasi jerawat batu. Foto: iStock

Jakarta - Cystic acne atau jerawat batu menjadi jenis jerawat yang cukup parah karena bisa mengganggu penampilan akibat peradangan yang ditimbulkan. Jerawat batu ini adalah jerawat besar dengan ujung berwarna putih yang seringkali terasa sakit.

Jangan pernah mencoba memencet jerawat batu karena itu hanya akan memperparah keadaan jerawat dan bisa membuat infeksinya menjadi lebih lebar. Penyebab jerawat batu ini karena minyak dan sel kulit mati menumpuk di bawah folikel bulu-bulu halus di kulit sehingga menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Keadaan ini yang kemudian menimbulkan tumpukan bakteri pada bagian bawah kulit.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK, memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab munculnya jerawat batu. "Jerawat batu merupakan istilah awam yang sebenarnya merupakan jerawat besar akibat peradangan kuman penyebab jerawat, atau diperparah kuman lain dari tangan akibat kebiasaan memencet jerawat," tutur dokter yang akrab disapa dr Nindita itu.



Menurut dr Nindita jerawat batu merupakan jerawat yang dapat tumbuh di mana saja. Tidak hanya di bagian wajah, jerawat batu juga bisa muncul di bagian punggung, leher, dan juga dada.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Seperti dikutip dari Allure, berikut ini empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat batu:

1. Gunakan Salicylic Acid
Salicylic Acid atau yang lebih dikenal dengan AHA dan BHA sangat dianjurkan untuk merawat wajah yang dipenuhi jerawat batu. Salicylic Acid akan mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Kamu bisa menggunakan skincare atau pembersih wajah yang memiliki kandungan salicylic acid.

Salicylic acid akan bekerja untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan, jika kamu memiliki kulit kering maka kamu bisa tetap menggunakan sabun cuci muka yang biasa kamu gunakan dan menggunakan salicylic acid hanya pada bagian yang berjerawat.

2. Atasi Bengkaknya
Cystic acne atau jerawat batu menyebabkan pembengkakan pada jerawat oleh sebab itu penting juga untuk mengurangi pembengkakan tersebut. Zeichner menyarankan untuk mengompres jerawat batu dengan es batu yang dibungkus dengan handuk. Suhu dingin yang dikeluarkan oleh es batu dipercaya dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Zeichner juga merekomendasikan untuk melakukan hal ini sebanyak tiga kali selama satu jam dengan diberi jeda selama 10 menit. Lakukan hal ini setelah mencuci muka.


3. Bunuh Bakteri Jerawat
Untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, Zeichner merekomendasikan untuk menggunakan benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide dipercaya ampuh untuk membasmi bakteri yang terperangkap di bawah folikel yang menyebabkan peradangan.

Untuk mengurangi kemungkinan iritasi, gunakan pelembab terlebih dahulu pada wajah. Setelahnya aplikasikan sedikit benzoyl peroxide pada jerawat batu. Perlu diingat bahwa gunakan sesedikit mungkin benzoyl peroxide. Jika setelah penggunaan lalu timbul rasa terbakar atau sakit maka segeralah mencuci wajah karena ini menandakan bahwa benzoyl peroxide mungkin terlalu keras untuk kulitmu.


4. Kurangi Kemerahan
Zeichner menyarankan setelah membiarkan benzoyl peroxide yang digunakan pada jerawat batu mengering maka dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menggunakan krim hydrocortisone yang di jual bebas di apotek. Krim Hydrocortisone ini mengandung steroid dengan dosis rendah yang dapat membantu mengecilkan jerawat dan mengurangi kemerahan. Menurut Zeichner, semakin banyak dan semakin lama kamu membiarkan krim hydrocortisone maka akan semakin baik hasilnya.



Simak Video "Tips Tampil Flawless ala Drew Barrymore"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)