Hati-hati Simpan Dry Shampoo, Salah Tempat Bisa Meledak

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 03 Okt 2019 18:16 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kehadiran dry shampoo kini banyak diminati, terutama oleh kaum wanita. Dry shampo bisa jadi solusi darurat saat rambut lepek dan berminyak tapi tidak memungkinkan untuk keramas. Dry shampo juga dapat membuat rambut menjadi lebih wangi. Namun di balik manfaatnya ini, tidak banyak orang yang menyadari bahwa dry shampo mengandung aerosol yang cukup berbahaya dan bisa meledak.

Bahaya tersembunyi dari dry shampo ini diungkapkan seorang wanita bernama Christine Bader Debrecht di akun Facebook yang kini viral. Christine membagikan pengalaman buruknya soal drya shampo ke akun Facebooknya pada 19 September 2019.


Christine menceritakan dirinya tidak sengaja menyimpan dry shampo di dalam tempat penyimpanan yang tertutup di dalam mobil anaknya. Tak disangkanya drya shampo itu tiba-tiba saja meledak. Menurut Christine memang pada saat itu terasa cukup panas.


Ledakan dari dry shampo itu pun menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada mobil anaknya tersebut. Saat meledak, dry shampo tersebut terlempar menembus tempat penyimpanan dan sunroof pada mobil kemudian mendarat sejauh 50 meter dari mobil.

Terlihat dari foto yang dibagikan oleh Christine bagian sunroof mobil pecah dan tempat penyimpanan di mana dry shampoo tersebut disimpan tampak hancur. Area mobil tersebut juga penuh dengan bedak putih isi dari dry shampo.


David Constable, direktur sains dari Green Chemistry Institute American Chemical Society menjelaskan kepada Today bagaimana dry shampo bisa membahayakan jika salah tempat penyimpanan. Menurutnya kombinasi dari gas yang mudah menguap, seperti butana yang ada di dalam dry shampo, jika mendapat tekanan dan diletakkan pada suhu yang panas maka akan meledak. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat menempatkan dry shampo dan perhatikan instruksi pada bagian belakang produk.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)