Tips Makeup di Lingkungan Berpolusi Tinggi Seperti Jakarta

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 27 Sep 2019 07:34 WIB
Foto: dok. iStock Foto: dok. iStock

Jakarta - Jakarta sempat menduduki peringkat pertama kota paling berpolusi sedunia. Meski kini peringkat tersebut sudah turun, tetap saja polusi di Jakarta tetap tinggi menurut data dari Air Visual.

Tinggal di lingkungan yang berpolusi bisa membuat kulit terlihat kusam dan berjerawat. Apalagi jika ditambah makeup yang dipakai setiap harinya untuk menunjang penampilan.

Makeup Artist Internasional Archangela Chelsea memberikan beberapa saran bagaimana mengaplikasikan makeup di lingkungan yang berpolusi. Menurutnya hal terpenting sebelum memakai makeup adalah mengaplikasikan skincare. Setelahnya, sebagai base makeup bisa menggunakan foundation atau BB Cream.

"Tapi aku selalu saranin buat nggak pakai makeup yang tebal-tebal, apalagi dengan adanya polusi seperti saat ini," ujar makeup artist asal Surabaya itu saat ditemui di acara Bincang Shopee bersama Unilever di Wyl's Kitchen, Jakarta Selatan, Rabu (25/09/2019).

Menurut makeup artist yang pernah mendandani sederet artis Hollywood itu makeup yang terlalu tebal dapat menyumbat pori-pori pada wajah dan menyebabkan jerawat. Lantas makeup ringan seperti apa yang disarankan Chelsea?

"Gunakan makeup yang lebih soft, seperti BB Cushion, BB Cream. Setelah pakai itu baru boleh pakai bedak, blush on, lalu lipstik. Cukup itu aja. Pakai alis, terus pakai lipstik warna bold juga boleh," kata wanita kelahiran 14 September 1993 itu.

MUA lulusan Fashion Institute of Design and Merchandising Los Angeles itu juga mengatakan polusi bisa membuat wajah menjadi lebih cepat berminyak. Sehingga saat memakai makeup yang tidak terlalu tebal, otomatis akan lebih cepat memudar. Untuk itu, Chelsea membagikan tips untuk melakukan touch up.

"Terus kalau kulit terasa kusam karena polusi dan makeup mulai luntur biasanya aku touch up-nya pakai BB Cushion aja. Aku jarang pakai bedak buat touch up karena terkadang itu malah buat efek wajah terlihat kering dan juga malah bikin tambah jerawatan," ujar Chelsea.

Yang terpenting dari urusan makeup ini saat tinggal di kota berpolusi seperti Jakarta menurut Chelsea adalah cara membersihkan kosmetik tersebut dari wajah. Dia menyarankan melakukan double cleansing.

"Yang pertama aku itu selalu pakai cleansing balm dulu. Nah ini banyak orang yang nggak tahu, tapi aku sudah pakai produk ini dari lama. Kalau cleansing balm itu sangat gentle di wajah, karena kalau pakai tissue basah, kulit yang sensitif itu bisa langsung merah-merah dan kadang bisa menimbulkan banyak jerawat," jelasnya.

Chelsea mengatakan menggunakan cleansing balm bisa melunturkan makeup pada wajah dengan lebih mudah sehingga tidak membuat wajah memerah. Ini karena cleansing balm akan langsung mencair saat terkena panas tubuh dan membersihkan makeup dengan lebih baik.

"Setelahnya aku pakai micellar water. Bagi aku micellar water ini bisa sebagai cleanser, bisa juga sebagai toner jadi untuk tambahan aja biar lebih bersih," pungkas Chelsea.

Simak Video "Tips Tampil Flawless ala Drew Barrymore"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)