Perlukah Sunblock Saat Sudah Pakai Makeup dengan SPF?

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 27 Sep 2019 05:36 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang yang masih mempertanyakan apakah sebenarnya perlu atau tidak menggunakan sunblock ketika sudah memakai makeup yang mengandung SPF. Ini penjelasan makeup artist atas pertanyaan tersebut.

Makeup Artist International Archangela Chelsea mengatakan pada dasarnya, sunblock adalah skincare yang harus digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunblock ketika sudah menggunakan makeup yang mengandung SPF bisa disesuaikan pada kondisi cuaca pada saat itu.

"Boleh banget pakai sunblock lagi walaupun BB cream-nya sudah ada SPF-nya," kata wanita yang akrab disapa Chelsea itu saat ditemui dalam acara Bincang Shopee bersama Unilever di Wyl's Kitchen, Jakarta Selatan, Rabu (25/09/2019).



Wanita yang pernah dipercaya sebagai makeup artist untuk pemotretan majalah internasional seperti Glamour, Vogue, dan GQ itu menambahkan sunblock atau tabir surya melindungi kulit dengan lebih maksimal ketimbang produk makeup yang mengandung SPF. "Memang berbeda produk sun screen yang memang sun screen dengan BB cushion yang ada sun screennya karena gimanapun produk sun screen yang memang sun screen akan lebih efektif jika digunakan daripada BB cushion yang ada sun screennya," kata makeup artist yang pernah mendadani artis dunia, Olivia Culpo dan Olivian Munn itu.

Archangela Chelsea, makeup artist.Archangela Chelsea, makeup artist. Foto: Anggi Maya/Detikcom


Chelsea pun menegaskan penting tetap menggunakan sunblock terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup, walaupun kosmetik tersebut sudah mengandung SPF. Menurutnya sunblock sangat penting, terutama untuk cuaca di Jakarta yang sangat berpolusi dan matahari bersinar terik.


Mengapa Memakai Sunblock Penting?

Matahari terdiri dari tiga jenis; sinar ultraviolet A (UVA), sinar ultraviolet B (UVB) dan sinar ultraviolet C (UVC). Masing-masing sinar tersebut memicu kerusakan pada kulit, tapi untungnya UVC tidak membahayakan karena masih terserap oleh atmosfer. Namun, UVA dan UVB berperan besar dalam terjadinya masalah pada kulit.

Seperti dikutip dari Refinery29, UVB dapat memicu sun burn atau kulit yang gosong hingga kulit mengelupas. UVB juga dapat memicu kanker kulit jika kulit tidak mendapatkan proteksi yang baik.


Sementara UVA dapat merusak kulit lebih dalam yang dapat merusak epidermis hingga terjadinya penuaan dini. Mulai dari terbentuknya melanin yang membuat timbulnya flek hitam hingga kulit yang keriput.

Oleh sebab itu kulit butuh proteksi dari luar dengan penggunaan sunblock. Kandungan dalam sunblock bekerja untuk menyerap dan memantulkan matahari sehingga matahari tidak langsung terpapar dengan kulit. Itu semua berkat formulasi yang ada dalam tabir surya yang dapat bekerja memantulkan sinar ultraviolet.

Simak Video "Tips Libur Long Weekend di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)