4 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Bikin Jerawatan dan Keriput

Hestianingsih - wolipop Kamis, 19 Sep 2019 05:33 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Setiap hari, seperti mandi, mencuci muka sudah jadi hal wajib setelah beraktivitas. Debu-debu yang menumpuk di wajah harus langsung dibersihkan belum lagi jika kamu setiap harinya memakai makeup.

Pentingnya mencuci muka ini, beberapa dari kamu mungkin melakukannya beberapa kali dengan anggap membuat wajah lebih kesat dan bersih. Tapi apakah kamu tahu, membersihkan wajah yang terlalu sering justru membuat akan kulit wajah menjadi kering? Berikut beberapa kebiasaan yang salah saat mencuci muka seperti yang dikutip She Knows.

1. Membersihkan wajah terlalu sering
Mungkin Anda berpikir jika membersihkan wajah berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih, tapi apakah Anda tahu, membersihkan wajah terlalu sering justru akan berbahaya?

Jika Anda membersihkan wajah lebih dari 2 kali dalam sehari, maka secara tidak langsung Anda telah mengikis produksi minyak alami yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan seimbang. Untuk memberapa kondisi wajah, kulit bisa berubah menjadi kering atau bahkan malah berminyak. Tetaplah bersihkan wajah Anda dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur.



2. Memilih produk yang wangi
Sebagian besar wanita menyukai produk pembersih yang mengandung aroma, seperti buah, bunga, mint, dan semacamnya. Tapi permasalahannya adalah jika Anda membeli produk-produk pembersih yang mengandung banyak aroma, dipastikan produk tersebut banyak mengandung bahan yang tidak alami atau wewangian sintetik. Apabila kulit Anda sensitif atau rentan terhadap iritasi, pilihlah produk tanpa pengharum atau yang berasal aroma wangi dari alam, dibandingkan bahan kimia.

4 Kesalahan Mencuci Muka yang Bisa Bikin Jerawatan dan KeriputFoto: Thinkstock


3. Mencuci wajah sebelum keramas
Mana yang Anda biasa lakukan: mencuci wajah atau rambut terlebih dahulu? Yang benar adalah cucilah rambut Anda terlebih dahulu, dan biarkan wajah Anda tetap kering sampai pencucian rambut selesai. Dengan begitu, tidak akan ada residu dari produk perawatan rambut yang tersisa pada kulit wajah, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Setelah itu, barulah cuci wajah dengan sabun pembersih. Saat mencuci rambut, pastikan sampo dan air bilasan tidak mengenai wajah Anda.

4. Menggunakan suhu air yang salah
Air dingin mungkin akan membuat kamu menjadi segar dan air bersuhu panas akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Tapi suhu air yang tepat untuk mencuci wajah adalah yang hangat. Saat mencuci muka dengan air hangat, temperatur kulit akan meningkat, menyebabkan pembuluh darah dan pori-pori membesar. Reaksi ini berguna untuk mendinginkan wajah. Saat pembesaran itulah, kulit jadi lebih mudah menyerap nutrisi.

"Ruang di antara sel-sel kulit memberikan area yang lebih luas untuk penyerapan dan membantu formula dalam produk lebih mudah masuk. Ditambah lagi, bahan-bahan aktif yang masuk dan interaksi dengan sel akan lebih cepat saat kulit dalam keadaan hangat," ujar dermatologis Heidi Waldorf.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)