7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk Kecantikan

vio - wolipop Senin, 09 Sep 2019 11:16 WIB
Ilustrasi minyak untuk perawatan kecantikan. Foto: iStock Ilustrasi minyak untuk perawatan kecantikan. Foto: iStock

Jakarta - Selama ini minyak lebih dikenal sebagai bahan masakan. Ternyata ada juga minyak yang juga bermanfaat untuk kecantikan. Minyak alami ini jika digunakan rutin dapat menjadi atlernatif perawatan kecantikan yang tidak terlalu mahal.

Seperti dikutip dari Brightside, berikut ini tujuh minyak alami yang bisa gunakan untuk merawat kecantikanmu.

1. Minyak Wijen

7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Istimewa

Minyak wijen yang mengandung elemen asam dan polyvitamin sangat bermanfaat dalam memutihkan gigi. Jika kamu menginginkan gigi yang putih maka kamu bisa menggunakan satu sendok minyak wijen untuk berkumur. Saat minyak menyentuh gigi dan gusi, mikroba akan terangkat seperti tertarik pada magnet yang kuat. Selain itu bakteri-bakteri yang bersembunyi juga dapat tertarik keluar. Menggunakan minyak wijen untuk berkumur dapat membuat gigi terlihat lebih putih, meningkatkan regenerasi gusi, rongga mulut, dan lidah.

2. Minyak Kembang Sepatu

7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Dok. iStock


Kandungan vitamin C dalam minyak kembang sepatu bisa membuat rambutmu lebih hitam bercahaya dan terlihat sehat. Minyak ini dapat meningkatkan jumlah produksi kolagen pada rambut dan kandungan asam aminonya dapat menguatkan akar rambut. Ada beberapa produk shampoo yang sudah menggunakan minyak ini sebagai salah satu bahan alaminya. Jika sulit menemukannya maka kamu juga bisa mencoba membuat masker rambut sendiri dengan memadukan minyak kembang sepatu dengan elemen herbal lainnya seperti minyak kelapa, dan lemon. Minyak kembang sepatu bisa membuat rambut tumbuh dengan lebih tebal dan kuat.

3. Minyak Jarak

7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Dok. iStock


Selain dapat memperbaiki sel-sel metabolisme tubuh, minyak jarak juga dikenal sebagai bahan alami untuk menumbuhkan dan memanjangkan bulu mata dan alis. Minyak jarak kaya akan vitamin E, mineral, protein, dan anti bakterial. Minyak jarak juga kaya akan trigliserida varian asam lemak yang menjadi bahan untuk penyembuhan. Minyak jarak bisa melindungi rambut dari kekeringan dan efek panas matahari.


4. Minyak Biji Rami

7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Dok. iStock


Minyak biji rami ternyata dapat berkhasiat untuk mendetoks tubuh. Minyak ini memang sudah terkenal sejak dahulu kala sebagai obat mujarab. Kandungan asam lemak, vitamin, dan potasium membuat minyak biji rami sangat baik untuk dikonsumsi. Minyak biji rami dapat mengembalikan metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, masukkan minyak biji rami ke dalam daftar makanan dietmu setiap hari.

5. Tea Tree Oil
7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Thinkstock

Tea tree oil terkenal memiliki kandungan anti peradangan, bakteri, jamur, virus, dan bisa menyembuhkan. Minyak ini sangat cocok dipakai untuk perawatan pada wajah yang bermasalah, seperti berjerawat dan berminyak. Tapi jangan pernah menjadikan tea tree oil sebagai bahan untuk dikonsumsi karena bisa menjadi racun. Sebaiknya gunakan minyak ini hanya pada bagian luar tubuh.

6. Minyak Zaitun
7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: shutterstock

Jika dikonsumsi, minyak zaitun bisa sangat bermanfaat bagi hati dan lambung. Minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan untuk penggunaan luar, minyak zaitun dapat melembabkan kulit dan menjadikannya lebih halus. Minyak zaitun bisa yang kaya akan vitami E bisa menutrisi kulit, rambut, dan kuku.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan satu sendok teh minyak zaitun pada tumit atau area yang diinginkan. Setelah itu kenakan kain pembungkus agar minyak dapat terserap dengan baik oleh kulit. Paginya kamu akan terbangun dengan kondisi tumit yang lembab dan halus.


7. Minyak Almond

7 Jenis Minyak Alami yang Populer untuk KecantikanFoto: Thinkstock


Minyak almond sering digunakan untuk memelihara dan meregenerasi sel-sel kulit. Minyak almond juga memiliki kandungan anti jamur. Bagi para wanita yang ingin memiliki kuku yang cantik, minyak almond bisa menjadi solusi. Minyak ini juga dapat membuat kuku lebih kuat dan terlihat sehat.

Simak Video "Tips Tampil Flawless ala Drew Barrymore"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)