Survei: Ini Kisaran Harga Potong Rambut di Indonesia

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 29 Agu 2019 11:49 WIB
Ilustrasi potong rambut. Foto: Dok. iStock Ilustrasi potong rambut. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Berapa rata-rata harga potong rambut di salon sekarang ini? Survei yang dilakukan sebuah startup kasir online mengungkap kisaran harga potong rambut di lima wilayah Indonesia.

Survei yang dilakukan startup aplikasi point of sale atau kasir online, Moka, mengungkapkan gunting rambut adalah perawatan paling populer yang dilakukan salon. Dan harga potong rambut di berbagai salon di Indonesia ini bervariasi.

Berdasarkan riset Moka terhadap 600 salon dan klinik kecantikan yang tersebar di lima wilayah di Indonesia yaitu Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Bali, Medan, Surabaya dan Makassar, harga potong rambut paling mahal maksimal Rp 140 ribu. Wilayah di Indonesia yang memasang tarif rata-rata Rp 140 ribu untuk potong rambut adalah Jabodetabek. Harga potong rambut di Bali juga tidak jauh berbeda dengan di Jabodetabek. Rata-rata salon di Bali mematok harga Rp 130 ribu untuk jasa potong rambut.

Tiga wilayah lainnya di Indonesia, harga potong rambutnya tidak semahal di Jabodetabek dan Bali. Salon-salon di Makassar, Medan dan Surabaya mematok tarif Rp 80 ribu hingga Rp 65 ribu untuk gunting rambut. Riset harga potong rambut ini dilakukan Moka pada Agustus 2019 berdasarkan data periode Januari - Juli 2019.

Survei: Ini Kisaran Harga Potong Rambut di IndonesiaInfografis harga potong rambut di lima wilayah Indonesia. Foto: Dok. Moka




"Kisaran harga ini bisa menjadi dasar bagi pelaku bisnis kecantikan untuk menentukan tarif, agar tak kemahalan maupun kemurahan. Bila mematok harga lebih tinggi, pastikan tempat usaha Anda memiliki "x factor" yang mengundang pelanggan untuk datang," ujar Brand dan Marketing Moka Bayu Ramadhan.

Selain gunting rambut, salon kini juga menjadi pilihan konsumen khususnya wanita untuk melakukan perawatan kuku. Menurut catatan Moka, nail art menjadi perwatan paling hits di 2019 ini.

Desain unik serta tambahan stiker warna-warni menjadi pilihan favorit kaum hawa saat datang ke salon atau salon khusus nail art. Perawatan kuku lain yang digemari adalah nail polish serta manicure-pedicure.

Survei Moka mengungkapkan kapan waktu yang paling sering dipilih wanita untuk melakukan perawatan kuku. Waktu tersebut adalah pada hari Selasa, Kamis dan Jumat sekitar pukul 15.00 hingga 16.00. Sedangkan untuk perawatan ke salon untuk gunting rambut atau perawatan rambut lainnya, waktu favorit wanita adalah pada hari Sabtu dan Minggu pukul 14.00 hingga 17.00.






Simak Video "Sekarang Menicure dan Pedicure Bisa Pakai Kacamata VR Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/kik)