Daftar Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 17 Agu 2019 07:02 WIB
Ilustrasi makanan penyebab jerawat. Foto: Dok. Thinkstock Ilustrasi makanan penyebab jerawat. Foto: Dok. Thinkstock

Jakarta - Berbagai faktor berkontribusi menyebabkan jerawat, termasuk makanan. Sebuah studi menyebut bahwa asupan makanan tertentu punya peranan dalam pertumbuhan jerawat.

Hal ini pun disampaikan oleh Dewi Kauw, pendiri skin care lokal organik Skin Dewi yang mengungkapkan pengaruh besar makanan terhadap munculnya jerawat. Menurut Dewi, reaksi alergi setiap orang pada makanan berbeda-beda. Ada yang tidak cocok dengan kacang, ada juga makanan yang terkesan umum seperti pisang atau bayam tapi justru alergi.

"Jadi setiap orang sangat spesifik. Saya ada ketemu klien yang pencetus (alergi) pisang. Mana kepikiran, kalau makan pisang," ujar wanita yang mengambil pendidikan skin care organik di Formula Botanica, School of Natural Sciences, dalam kampanye 1M Acne Freedom di hotel Keraton, Jakarta, Jumat (16/8/2019).



Dewi Kauw menyarankan untuk mencari tahu sendiri tentang reaksi makanan terhadap tubuh dan kulit. Solusinya adalah dengan mencatat dan mengobservasi setiap asupan makanan dikonsumsi.

"Catat semua makanan dan minuman yang masuk, jadi bisa mengobservasi jika adanya reaksi. Kuantitas minum juga perlu diperhatikan. Ada klien yang sudah laser, peeling, perawatan apa saja sudah dicoba, akhirnya kuncinya cuma satu dia kurang minum air," papar Dewi.

Ilustrasi daftar makanan penyebab jerawat.Ilustrasi daftar makanan penyebab jerawat. Foto: Istock


Meski setiap orang bisa alergi terhadap makanan tertentu, namun memang ada makanan umum yang jadi pemicu jerawat. Dewi Kauw memberikan daftar makanan-makanan umum yang memicu menyebabkan jerawat:

1. Telur
2. Kacang
3. Santen
4. Gluten
5. Gorengan
6. Produk diary (susu, yoghurt, keju)
7. Gula


Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/eny)