Stop Beauty Bullying

Maudy Ayunda Angkat Isu Beauty Bullying, Apa Itu?

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 02 Agu 2019 12:09 WIB
Maudy Ayund mengaku mengalami beauty bullying. Foto: Noel/detikFoto Maudy Ayund mengaku mengalami beauty bullying. Foto: Noel/detikFoto

Jakarta - Cantik, pintar dan berbakat, itulah kata-kata yang tepat mengambarkan sosok Maudy Ayunda. Siapa sangka aktris dan penyanyi yang bagi sebagian wanita tampak sempurna ini mengaku mengalami beauty bullying, apa itu?

Maudy mengunggah tiga video tentang beauty bullying melalui IGTV di Instagram pribadinya @maudyayunda. Maudy mengangkat isu tersebut karena merasa resah dan gerah menghadapi banyak komentar negatif di akun Instagramnya.

"Saat melihat komentar Instagramku, ternyata banyak orang yang berkomentar yang sifatnya seperti body shaming, beauty bullying dan beauty shaming, seperti 'ih matanya kecil sebelah' dan 'badannya gepeng banget kayak triplek'. Selain itu, ada yang berkomentar terhadap gigi kelinciku, di beberapa foto yang sudah diposting," jelas Maudy.



Maudy menjelaskan beauty bullying adalah ketika seseorang berkomentar di media sosial orang lain, yang isinya mengejek bentuk tubuh atau wajah orang lain, atau kadang-kadang memberikan opini yang cenderung negatif. "Contohnya begini, kok sekarang gendutan? Yang kita pikir hanya opini dan statement, ternyata bisa berpengaruh terhadap mental seseorang. Karena bisa mempertanyakan diri mereka sendiri, dan bisa membuat mereka tidak percaya diri," ujar bintang film Perahu Kertas itu lagi.

Maudy Ayunda mengalami beauty bullying.Maudy Ayunda mengalami beauty bullying. Foto: Daniel/Detikcom


Psikolog Nuran Abdat yang diajak Maudy berdiskusi mengenai beuaty bullying di IGTV juga mengungkapkan hal serupa. Nuran menambahkan beauty bullying terjadi karena ada relasi antara cyber bullying dan verbal bullying. Dan menurutnya seseorang dianggap melakukan beuaty bullying ketika menyampaikan informasi dalam bentuk menyindir, mengintimidasi seseorang yang berhubungan dengan ranah kecantikannya, bisa wajah dan tubuhnya

Dalam konten IGTV tersebut, artis berusia 25 tahun itu pun mengungkapkan rasa penasarannya kepada orang-orang yang melakukan beauty bullying. Dia ingin mengetahui hal apa yang mendorong orang untuk berkomentar negatif pada penampilan orang lain.

"Apa yang kamu rasakan ketika berkomentar seperti itu? Apakah kamu merasa puas? Atau karena kata-kata itu diangap simpel? Sebenarnya apa yang kamu lakukan itu bisa menyakiti perasaan dan menggangu orang yang melihat komentar itu, lalu bertanya-tanya kepada dirinya sendiri," jelas Maudy.

Menurut aktris yang memlai karier melalui film Untuk Rena itu dampak beauty bullying cukup signifikan bagi wanita. Efeknya bisa tidak baik untuk kesehatan mental wanita, membuat mereka tidak percaya diri dan harga dirinya rendah serta insecure terhadap diri sendiri.

"Ini sesuatu yang menurut aku yang perlu kita highlight, kita sama-sama mencari cara untuk stop melakukan beauty bullying. Dan mengajak temen-temen diskusi, bagaimana cara menghentikan beauty bullying," ajak Maudy.

Simak Video "Pelaku Beauty Bullying Mayoritas Wanita, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)