10 Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam, Alami dan Cepat!

Abdul Jalil - wolipop Kamis, 01 Agu 2019 19:01 WIB
10 Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam, Alami dan Cepat!/Foto: iStock
Jakarta - Merasa tidak nyaman dengan komedo karena mengganggu penampilan, dan membuat tidak percaya diri? Bagaimana cara menghilangkannya?

Perlu diketahui, komedo juga termasuk jenis jerawat, meskipun jenis jerawat yang ringan. Komedo adalah benjolan kecil yang ada pada kulit. Disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang menumpuk di ujung luar folikel rambut.

Komedo hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara. Ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit. Komedo hitam ini umumnya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Sedangkan komedo putih tidak mudah terlihat, tapi bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.

Berikut cara menghilangkan komedo hitam dan putih dikutip dari berbagai sumber:



1. Baby Oil

Menghilangkan komedo menggunakan baby oil cukup mudah. Caranya keringkan wajah terlebih dahulu, kemudian usapkan baby oil ke wajah dan tunggu selama 30-60 menit. Setelah itu wajah dilap hingga bersih dari minyak, lalu bilas dengan air hangat.

2. Pasta Gigi

Cara ini sangat mudah. Caranya, cukup dengan oleskan pasta gigi secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lebih direkomendasikan menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

3. Lidah Buaya
10 Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam, Alami dan Cepat!Foto: Getty Images

Oleskan gel yang ada di tengah lidah buaya secukupnya dan secara merata pada kulit area berkomedo, kemudian diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lidah buaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah, dan mengecilkan pori-pori wajah.

4. Air Hangat

Cuci wajah atau tempatkan handuk hangat ke atas permukaan wajah berkomedo. Hal ini akan membuat pori-pori kulit membesar sehingga komedo jadi lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, handuk hangat juga bisa mengurangi risiko adanya infeksi akibat pengangkatan komedo.

5. Baking Soda

Campurkan baking soda dengan air. Oleskan ramuan baking soda tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo membandel.

6. Putih Telur dan Madu

Oleskan campuran putih telur dan madu pada wajah, biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.

Putih telur mengandung nutrisi yang bagus untuk kulit kamu dan digunakan sebagai masker wajah. Selain itu bahan tersebut dapat mengencangkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Perawatan ini akan memakan waktu banyak.

7. Lemon dan Garam

10 Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam, Alami dan Cepat!10 Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam, Alami dan Cepat!/Foto: iStock


Aduk air perasan jeruk lemon dan air garam. Kemudian usapkan pada area wajah yang banyak komedo, tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lemon dan garam dapat secara halus mengikis kulit dan air hangat akan membuka pori-pori. Dampaknya komedo jadi lebih mudah dibersihkan.


8. Kayu Manis

Campurkan 1 sendok teh kayu manis dengan jus lemon. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah yang berkomedo dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dan ulangi setiap hari sampai komedo hilang.

Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat untuk bagian dalam dan luar tubuh, salah satunya adalah menghilangkan komedo.

9. Tomat

Kupas tomat dan oleskan di daerah yang berkomedo sebelum tidur. Biarkan semalaman, kemudian bersihkan dengan air bersih di pagi harinya.

Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menghilangkan komedo. Tomat juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan pada kulit dan menghilangkan semua radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

10. Cuka Sari Apel

Yang terakhir, lakukan ini setiap malam. Bersihkan wajah terlebih dahulu, celupkan kapas ke cuka sari apel lalu tempelkan kapas di wajah. Fokuskan di daerah yang memiliki komedo dan biarkan mengering. Kamu dapat membiarkannya tanpa membilas selama beberapa jam atau bahkan semalam. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan cuka sari apel dengan air.

Cuka sari apel atau ACV adalah solusi ampuh untuk mengobati sejumlah masalah kulit salah satunya menghilangkan komedo (https://www.detik.com/tag/cara-menghilangkan-komedo-hitam). Sifat antibakteri dalam ACV akan membunuh semua bakteri berbahaya yang ada di kulit sehingga dapat membersihkan pori-pori.

Selamat mencoba!



Simak Video "Selesaikan Misi Permen Dalgona 'Squid Game' Dapat Buku Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/eny)