Viral Makeup ala Mulan, Wanita Ramai-ramai Pakai Bedak dari Tepung Beras

Hestianingsih - wolipop Selasa, 30 Jul 2019 13:32 WIB
Tantangan makeup ala Mulan yang viral di Weibo. Foto: Dok. Walt Disney, Weibo
Jakarta - Trailer film live-action 'Mulan' sempat jadi perhatian netizen karena memperlihatkan konsep yang cukup berbeda dari versi animasi nya yang rilis pada 1998. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah makeup yang dikenakan pemeran utamanya, Liu Yifei, ketika tampil di trailer.

Dalam video trailer berdurasi 1 menit 30 detik itu, ada cuplikan yang memperlihatkan Mulan mengenakan makeup dengan bedak super putih serta blush-on dan semburat kuning, khas China. Pada area dahinya tergambar tiga kelopak bunga berwarna merah.

Tiga minggu setelah perilisan trailer film oleh Walt Disney, kini wanita China ramai-ramai berdandan a la Mulan. Bertajuk 'Mulan Imitation', tren yang heboh di media sosial Weibo ini menantang mereka berdandan dengan riasan seperti Mulan.


Viral Makeup ala Mulan, Wanita Ramai-ramai Pakai Blush-on Merah dan KuningDandanan Liu Yifei di film Mulan. Foto: Dok. Walt Disney, Weibo

Tantangan makeup ini jadi viral, khususnya di China, yang menarik lebih dari 300 juta views. Hashtag #mulanimitation dan #mulanimitationcontest pun membanjiri lini masa Weibo.

Salah satu yang memopulerkan tantangan ini adalah Emma Zhou, seorang vlogger makeup. Ia menjelaskan kalau riasan a la Mulan tersebut bisa didapat dengan memakai tepung beras untuk membuat wajah terlihat putih pucat.
Viral Makeup ala Mulan, Wanita Ramai-ramai Pakai Blush-on Merah dan KuningFoto: Dok. Walt Disney, Weibo

Sementara untuk warna merah dan kuning yang mencolok di pipi dan dahi, bisa menggunakan pigmen dari bunga. Namun warna-warna tersebut juga bisa didapatkan dari eyeshadow dan blush-on dengan pigmentasi tinggi.
Viral Makeup ala Mulan, Wanita Ramai-ramai Pakai Blush-on Merah dan KuningFoto: Dok. Walt Disney, Weibo


Sementara dekorasi kelopak bunga pada dahi bisa dikreasikan menggunakan lipstik atau lip tint dan kuas.
Viral Makeup ala Mulan, Wanita Ramai-ramai Pakai Blush-on Merah dan KuningFoto: Dok. Walt Disney, Weibo

Seperti dikutip dari Next Shark, pada zaman Dinasti Tang (618 - 907 Masehi), gaya makeup tersebut digunakan para wanita China saat pesta pertunangan. Kala itu riasan wajah yang juga disebut sebagai 'Buddha's Makeup' ini sangat populer di kalangan wanita.

Simak Video "Ari Izam, Makeup Artist yang Viral Bikin Wajah Nenek-nenek Jadi Remaja"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)