Video Kylie Jenner Cuci Muka Viral, Dianggap Netizen 'Menyesatkan'

Hestianingsih - wolipop Jumat, 31 Mei 2019 10:37 WIB
Foto: Instagram/@kyliejenner Foto: Instagram/@kyliejenner

Jakarta - Sebagai salah satu influencer dan selebriti paling berpengaruh, memerhatikan konten di media sosial adalah sebuah keharusan. Salah-salah bisa dihujat netizen, seperti yang dialami Kylie Jenner.

Jutawan muda dengan 137 juta follower di Instagram dan 27,3 juta di Twitter ini dituding 'sesat', atau telah mengajarkan sesuatu yang tidak benar kepada para pengikutnya di media sosial. Dalam usaha mempromosikan produk skincare terbarunya Kylie Skin, wanita 21 tahun ini mengunggah video tutorial cara membersihkan wajah.

Menggunakan Kylie Skin facial wash, Kylie terlihat mempraktekkan caranya mencuci muka dengan sabun tersebut. Video-nya sendiri di-posting di akun Twitter Kylie Skin.


Foto: Instagram @kylieskin

Netizen ternyata kesal dengan rutinitas perawatan kulit paling penting ini. Sebab, Kylie Jenner terlihat hanya 10 detik mencuci wajahnya dan dengan cara yang menurut mereka tidak benar.

Di dalam video itu, ibu satu anak ini terlihat menuangkan sabun muka berbentuk foam lalu menggosoknya di area pipi, dagu, dan sedikit pada dahinya. Lalu ia langsung membilas busa sabun dan mengeringkannya menggunakan handuk putih.

Mata jeli netizen melihat kalau sisa foundation di wajahnya menempel pada handuk tersebut. Menandakan bahwa Kylie Jenner tidak benar-benar membersihkan wajahnya.
Foto: Instagram @kylieskin

Netizen pun berpendapat kalau video yang telah dilihat 7,7 kali itu bisa menyesatkan penggemarnya di media sosial. Kritikan juga datang dari dermatologist Dr. Howard Sobel.

"Kylie tidak membersihkan wajahnya dengan benar dari segi durasi waktu. Dia juga mengabaikan area-area tertentu (untuk dibersihkan) dan sepertinya terlalu kasar merawat wajahnya," ujar Dr. Howard, seperti dikutip dari People.

Dokter kulit menyarankan kita cuci muka setidaknya 20 - 30 detik di pagi dan malam hari. Namun ketika menggunakan produk pengelupasan kulit, bisa lebih lama yakni 60 detik.


Agar kulit benar-benar bersih dari debu, minyak dan sisa makeup, perlu dilakukan double cleansing atau dua tahap pembersihan wajah. Pernyataan Dokter Howard Sobel bertentangan dengan klaim produk foaming face wash dari Kylie Skin yang menyatakan sabun tersebut bisa menghilangkan kotoran, minyak dan makeup.

"Pembersih berbasis minyak bagus untuk membersihkan wajah di malam hari dan diformulasikan agar secara lembut mengangkat sebum, makeup, SPF dan polutan," saran Dr. Howard.


Baru setelah itu bersihkan wajah dengan facial foam dan bilas menggunakan air sampai bersih. Memijat wajah dengan busa sabun pun ada teknik tersendiri.

"Mulai dari area wajah yang paling bermasalah karena di situlah diperlukan perhatian lebih dan gunakan jari-jarimu saat memijatnya dengan air hangat. Gunakan gerakan memutar untuk menuntaskan semua residu. Pastikan selalu ikat rambut ke belakang dan bersihkan juga garis rambutmu," pungkasnya.

Jika dilihat dari video di Twitter, menurut kamu apakah cara membersihkan Kylie Jenner memang salah atau sudah benar?


Simak Juga 'Wah! Kylie Jenner Jadi Miliuner Termuda Versi Forbes':

[Gambas:Video 20detik]

(hst/hst)